Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Trojan Mobile Banking Marak, Simak Tips Aman Belanja Online

Serangan ini bisa menyusup lewat aplikasi keuangan saat pengguna sibuk belanja online, yang berujung pencurian akses ke rekening bank seluler atau mobile banking.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 September 2021  |  21:39 WIB
Kejahatan online - Ilustrasi/mirror.co.uk
Kejahatan online - Ilustrasi/mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Laporan dari perusahaan keamanan siber Kaspersky menyebutkan serangan trojan mobile banking di Asia Tenggara meningkat 60 persen pada kuartal II/2021. Para konsumen pun diimbau meningkatkan kewaspadaan saat berbelanja secara daring.

Serangan ini bisa menyusup lewat aplikasi keuangan saat pengguna sibuk belanja online, yang berujung pencurian akses ke rekening bank seluler atau mobile banking.

General Manager Kaspersky untuk Asia Tenggara Yeo Siang Tiong mendorong semua orang menggunakan solusi keamanan untuk menghadapi serangan itu ataupun serangan lainnya oleh hacker

“Ini bisa dijadikan sebagai benteng perlindungan apabila mereka secara tidak sengaja mengklik tautan berbahaya atau mengunduh aplikasi mobile banking palsu,” ujarnya, dilansir tempo.co, Senin (6/9/2021).

Berikut tips praktis dari Siang Tiong yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan finansial ataupun belanja dari trojan mobile banking:

1. Kartu kredit sementara

Para pelaku kejahatan siber atau hacker telah mengembangkan teknik dan malware yang sangat canggih, yang terkadang bisa menggagalkan upaya terbaik pengguna untuk berbelanja online secara aman. Untuk menerapkan upaya lainnya, pengguna bisa menggunakan kartu kredit sementara untuk melakukan pembelian online sebagai pengganti kartu kredit utama. 

“Tanyakan kepada perusahaan kartu kredit Anda apakah memungkinkan untuk mendapatkan nomor kartu kredit sementara,” kata  Siang Tiong.

Namun, jika memungkinkan hindari penggunaan jenis kartu kredit ini untuk pembelian apa pun yang memerlukan pembaruan otomatis atau pembayaran rutin. Jika kartu kredit sementara tidak memungkinkan, alternatifnya adalah menggunakan kartu kredit dengan limit kredit rendah.

2. Komputer khusus perbankan dan belanja online

Jika memiliki lebih dari satu komputer, mungkin bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perbankan dan belanja online. Dengan menghindari penggunaan komputer untuk penjelajahan internet lainnya, mengunduh file, memeriksa email, jejaring sosial, dan aktivitas online lainnya, pengguna secara efektif membuat komputer bersih dan bebas dari virus komputer maupun infeksi lainnya, termasuk trojan mobile banking.

“Untuk keamanan tambahan dalam berbelanja online yang aman, install Google Chrome, dengan HTTPS. Ini memastikan Anda untuk hanya mengunjungi situs web yang aman,” jelas dia.

3 Gunakan email khusus

Buat alamat email yang hanya akan digunakan untuk melakukan transaksi belanja online. Ini akan sangat membatasi jumlah pesan spam yang diterima dan secara signifikan mengurangi risiko terpapar email berbahaya yang disamarkan sebagai promosi penjualan atau notifikasi lainnya.

4. Kelola dan lindungi kata sandi online

Menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk berbelanja online yang aman. Siang Tiong memahami mungkin sulit untuk mengingat begitu banyak kata sandi yang berbeda, terutama jika kata sandi itu terdiri dari banyak huruf, angka, dan karakter khusus.

“Tetapi anda dapat menggunakan pengelola kata sandi untuk membantu menyimpan kata sandi yang kuat untuk banyak akun,” ujar Siang Tiong.

5. Gunakan VPN

Jika benar-benar harus belanja online saat menggunakan Wi-Fi publik, install terlebih dahulu solusi VPN (jaringan pribadi virtual). VPN akan mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer atau perangkat seluler pengguna dan server VPN dapat mencegah peretas atau hacker membajak, serta melihat data sensitif apa pun yang dimasukkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

belanja online trojan serangan siber
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top