Duh! 81 Persen Perusahaan di Indonesia Berisiko Alami Kebocoran Data

Newswire
Jumat, 3 September 2021 | 06:18 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 81 persen perusahaan di Indonesia kemungkinan bisa mengalami kebocoran data pelanggan dalam 12 bulan ke depan. Hal tersebut terungkap dalam survei terbaru perusahaan keamanan siber Trend Micro yang bekerja sama dengan Ponemon Institute, Amerika Serikat.

Temuan itu merupakan hasil dari laporan Cyber Risk Index (CRI) yang dilakukan dua kali setahun. Laporan mengukur gap antara kesiapan keamanan siber para responden dan kemungkinan akan mengalami serangan.

“Pada semester pertama 2021, CRI melakukan survei ke lebih dari 3.600 bisnis dari berbagai ukuran dan industri di 24 negara, termasuk Indonesia,” ujar Country Manager Trend Micro Laksana Budiwiyono dalam acara virtual, Kamis, 2 September 2021.

Dia menjelaskan CRI diukur berdasarkan skala -10 hingga 10 di mana nilai -10 mewakili tingkat risiko tertinggi. CRI Indonesia saat ini berada di level -0.12, yang termasuk dalam kategori Elevated Risk. Dibandingkan tahun 2020, nilainya mengalami penurunan, yang artinya saat ini Indonesia mengalami peningkatan risiko.

Berdasarkan temuan di Indonesia, Laksana menambahkan, pihaknya melihat adanya peningkatan kekhawatiran akan risiko kebocoran data. Hal ini perlu mendapat respons cepat karena serangan siber menimbulkan dampak serius bagi perusahaan.

“Lebih dari setengah responden menyatakan mengalami kebocoran data pelanggan dalam 12 bulan terakhir,” tutur dia.

Menurut Laksana, perusahaan harus mempersiapkan diri lebih baik dengan mengidentifikasi data penting yang memiliki risiko tinggi. Termasuk juga fokus pada ancaman yang berdampak besar terhadap bisnis, dan menggunakan perlindungan berlapis dengan platform yang komprehensif dan saling terhubung.

Hasil survei menunjukkan tiga konsekuensi negatif akibat serangan siber yang paling menjadi perhatian di Indonesia, yaitu kehilangan kekayaan intelektual (termasuk rahasia dagang), dan gangguan atau kerusakan pada infrastruktur penting.

“Juga biaya jasa yang harus dikeluarkan untuk konsultan atau ahli dari luar perusahaan.”

Lebih lanjut, temuan utama di Indonesia mencakup, 65 persen perusahaan mengatakan kemungkinan akan mengalami serangan siber serius dalam 12 bulan ke depan, dan 28 persen telah mengalami lebih dari 7 serangan siber pada jaringan/sistem.

Lainnya, 20 persen telah mengalami lebih dari 7 pelanggaran terhadap aset informasi, serta 29 persen responden mengatakan telah mengalami lebih dari 7 pelanggaran data pelanggan selama setahun terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper