Waspadai Virus Joker! Hindari Mengunduh Aplikasi Ini

Akbar Evandio
Kamis, 2 September 2021 | 12:08 WIB
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Ilustrasi kejahatan siber./Reuters-Kacper Pempel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Virus Joker tengah menghantui masyarakat lantaran dapat mencuri data dari perangkat korban. Joker adalah spyware trojan yang mencuri data dari perangkat seperti SMS, daftar kontak, dan info perangkat.

Berdasarkan laman resminya, periset dari Quick Heal Security Labs menemukan setidaknya ada delapan aplikasi yang ada di Google Play Store disusupi virus Joker yang secara diam-diam membuat korban berlangganan layanan premium berbayar tanpa sepengetahuan korbannya.

Virus Joker ini disebutkan memiliki kemampuan akan menemukan celah keamanan guna menyelinap ke Play Store setiap beberapa bulan sekali dengan mengubah kode, metode eksekusi atau dengan teknik payload-retrieving.

Selain itu, virus ini juga membobol rekening pengguna ponsel dengan cara yang sulit dilacak.

Virus yang masuk kategori malware ini diam-diam meretas tagihan ponsel. Bahkan, memiliki kemampuan memasukkan pesan teks, kontak, dan informasi lain di ponsel yang terinfeksi.

Hal yang lebih berbahaya dari malware ini adalah kemampuannya membuat pengguna Android berlangganan layanan berbayar atau premium tanpa izin. Adapun, aplikasi yang terinfeksi virus Joker melakukan penipuan melalui SMS. Kemudian menyerang pembayaran online.

Virus ini memanfaatkan integrasi operator telepon dengan vendor dalam memudahkan pembayaran layanan dengan tagihan seluler.

Hingga saat ini, delapan aplikasi yang diketahui telah disusupi oleh virus Joker adalah Auxiliary Message, Element Scanner, Fast Magic SMS, Free CamScanner, Go Messages, Super Message, Private SMS, dan Hummingbird PDF Converter- Photo to PDF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper