Telkom (TLKM) Ekspansi Infrastruktur Digital ke Luar Negeri

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 3 Agustus 2021 | 18:36 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan./tlt.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak ingin sekadar ‘jago kandang’, PT Telkom Indonesia Tbk. juga terus berupaya melebarkan layanan hingga keluar negeri.

Melalui anak usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin), perusahaan telekomunikasi pelat merah itu akan menggenjot infrastruktur dan konten digital ke sejumlah negara.

VP Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan sejalan dengan transformasi TelkomGroup menjadi perusahaan telekomunikasi digital kelas dunia, Telkom berupaya untuk menghadirkan konektivitas dan mengembangkan berbagai layanan digital hingga sejumlah negara dalam beberapa tahun ke depan.

“Tujuannya agar tetap mampu berkompetisi secara global, menjangkau pasar yang lebih luas serta memberikan customer experience yang lebih baik,” kata Pujo kepada Bisnis.com, Selasa (3/8/2021).

Pujo mengatakan sejak 2007, Telin telah melakukan ekspansi bisnis hingga ke luar negeri. Ekspansi Telin diwujudkan melalui keberadaan kantor global di Singapura, Hong Kong, Timor Leste, Malaysia, Australia, Amerika Serikat, Taiwan, Myanmar, dan Selandia Baru.

Selain itu, kata Pujo, Telin juga memiliki titik layanan yang sudah menjangkau 58 kota di 23 negara.

Pujo juga mengatakan Kiprah TelkomGroup melalui Telin di kancah global pun terlihat dari kepemilikan ataupun keikutsertaan dalam konsorsium di 8 Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL).

Saat ini Telkom terlibat dalam SKKL Batam Singapore Cable System (BSCS), Dumai Melacca Cable Sysytem (DMCS), Asia America Gateway (AAG), Singapore Japan Cable (SJC), Southeast Asia Middle East Western Europe (SEA-ME-WE5) Southeast Asia United States Cable System (SEA-US), Indonesia Global Gateway (IGG), dan Bifrost Cable System (BCS).

Pujo mengatakan dalam hal layanan, Telin tidak hanya fokus pada konektivitas digital, juga fokus pada platform dan layanan digital sehingga memungkinkan jangkauan layanan Telin memasuki pasar global yang makin luas.

“Telin terus berupaya memperkuat posisi di global untuk menjadi partner utama bagi penyedia konten global dalam mendukung ekosistem digital,” kata Pujo.

Sebelumnya, Dalam acara pelepasan kegiatan jelajah BUMN 2021 yang digelar Bisnis Indonesia, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku memiliki mimpi untuk menyatukan bisnis-bisnis BUMN di luar negeri dalam satu atap, agar BUMN tidak terkesan jago kandang.

Bank2 Himbara telah melakukan hal tersebut dengan membangun kantor cabang di luar negeri. Erick ingin mendorong BUMN lainnya untuk melebarkan sayap ke luar negeri. Salah satunya adalah sektor telekomunikasi.

"Kami akan mendorong hal yang sama pada klaster lain. Kami akan mulai pada klaster telekomunikasi dan 12 klaster lainnya," kata Erick.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper