Asteroid Sebesar Pentagon Mendekati Bumi 21 Agustus 2021 Mendatang

Janlika Putri Indah Sari
Senin, 2 Agustus 2021 | 15:12 WIB
Asteroid melintasi bumi/istimewa
Asteroid melintasi bumi/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah asteroid akan kembali melewati Bumi pada Sabtu, 21 Agustus 2021. Jika sebelumnya ukurannya sebesar stadion, kini ukuran asteroid ini sekitar pentagon di USA.

Dilansir dari earthsky, Senin (2/7/2021) batuan luar angkasa itu diberi nama asteroid 2016 AJ193. Diperkirakan lebarnya hanya di bawah satu mil (lebar 1,4 km). Dan batuan itu bergerak cepat dengan laju kecepatan 58.538 mil per jam (94.208 km/jam). Atau sekitar 16 mil per detik (26,17 km per detik).

Asteroid yang ditemukan pada tahun 2016 itu, tergolong asteroid dekat-Bumi kelas Apollo.

Pendekatan terdekat ke Bumi akan terjadi pada 21 Agustus 2021, pukul 11:10 ET (15:10 UTC).

NASA/JPL telah mengklasifikasikan AJ193 2016 sebagai Asteroid yang Berpotensi Berbahaya. Namun, orbit batu ruang angkasa ini sudah dikenali dengan baik dan tidak ada risiko benturan.

Jangan khawatir tentang tabrakan antara asteroid ini dan Bumi. Pada jarak terdekatnya dengan Bumi, asteroid 2016 AJ193 akan menyapu sekitar 8,9 kali jarak bulan dari Bumi. Itu jarak yang sangat besar dan aman, tetapi relatif dekat untuk batu ruang angkasa 1,4 km.

Asteroid itu cukup dekat, sehingga astronom amatir dan profesional akan dapat menemukannya dan mempelajarinya.

Ilmuwan NASA berencana menggunakan radar untuk mengamati asteroid 2016 AJ193 antara 20 dan 24 Agustus. Pantulan sinyal radar dari asteroid memungkinkan para astronom mempelajari bentuk, ukuran, dan putaran objek. Terkadang para astronom berhasil memperoleh gambar radar asteroid yang menakjubkan.

Sinyal radar yang dikirim ke asteroid 2016 AJ193 akan ditransmisikan dari Antena Goldstone di California, bersama dengan radar kecil di Australia, Spanyol dan Italia.

Selain itu, astronom amatir dengan teleskop juga dapat melihat asteroid tersebut. Mereka akan dapat melacak objek yang bergerak cepat ini saat bergerak di depan bintang-bintang.

Asteroid ini bisa diabadikan denga memotretnya saat meluncur di dekat Bumi. Asteroid tidak akan bisa terlihat oleh mata telanjang. Namun, menggunakan teleskop 8 inci (20 cm) dan yang lebih besar akan dapat melihatnya sekilas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper