Indosat Genjot Edukasi Pemakaian Internet di Daerah Pelosok

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 19 Juli 2021 | 13:14 WIB
Warga beraktivitas di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga beraktivitas di gerai Indosat Ooredoo, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Edukasi mengenai pemanfaatan internet menjadi modal penting dalam membangun ekosistem digital. Dengan mengetahui cara menggunakan internet yang benar, ekosistem digital di daerah pelosok bakal makin cepat terbangun. 

SVP Head Corporate Communication Indosat Steve Saerang mengatakan bekerjasama dengan Facebook, Indosat menggelar Program Internet 101 untuk mengedukasi masyarakat tentang cara menggunakan internet dengan baik. 

Pemahaman yang terbentuk di masyarakat diharapkan dapat membuat masyarakat makin bijak dalam menggunakan internet, dan ekosistem digital pun terbentuk.  

“Kami menggandeng Facebook menggelar Program Internet 101 untuk mengedukasi masyarakat mengenai pemakaian internet yang baik dan benar,” kata Steve kepada Bisnis, Senin (19/7/2021).  

Sekadar informasi, Program Internet 101 diluncurkan pada Oktober 2019. Pertumbuhan pengguna internet yang pesat melatari munculnya program ini. Pada 2008 jumlah pengguna internet sekitar 20 juta pengguna, 13 tahun kemudian, jumlah pengguna internet di Indonesia telah melesat menjadi sekitar 200 juta pengguna. 

Pertumbuhan jumlah pengguna internet yang pesat harus diimbangi dengan literiasi digital yang masif agar pemanfaatan internet mengarah ke hal-hal yang positif. 

Steve mengatakan perusahaan juga memiliki berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan seperti IDCamp dan SheHacks. 

“Tujuan program tersebut untuk menggali talenta digital muda di seluruh pelosok Indonesia tanpa terkecuali,” kata Steve.  

Adapun mengenai tantangan dalam membangun ekosistem digital di daerah pelosok adalah perihal penguatan komitmen bersama bahwa teknologi digital harus dioptimalkan dan memberikan manfaat berkelanjutan di masa yang akan datang. 

Salah satu alternatif untuk mengatasi tantangan penyediaan jaringan di daerah pelosok, Indosat tengah mematangkan standar OpenRAN yang saat ini masih diujicoba secara terbatas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper