Memori Hape Penuh Karena Grup Whatsapp? Ini Solusinya 

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 3 Juli 2021 | 13:17 WIB
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tempat penyimpanan gawai yang penuh menjadi masalah bagi seluruh pengguna ponsel pintar. Kondisi tersebut membuat perangkat yang kita pakai berjalan lebih lambat. 

Penuhnya memori gawai bisa saja terjadi di luar kontrol Anda. Grup-grup whatsapp keluarga, tempat kerja, teman-teman sekolah dan lain-lain yang kerap mengirimkan foto dan video, secara tidak langsung membanjiri memori gawai. 

Anda bisa jadi tidak nyaman dengan kondisi tersebut, namun Anda juga tidak ingin keluar dari grup karena masih menjalin silaturahmi dan berkoordinasi untuk banyak urusan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya adalah menghapus data di sana secepat mungkin. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara kilat menghapus data di aplikasi Whatsapp yang perlu Anda ketahui: 

  • Klik lambang titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih setelan.  
    Anda akan menemukan banyak pilihan. Klik penyimpana data. 
  • Klik kelola penyimpanan
    Akan muncul berbagai file, mulai dari pesan yang diteruskan berkali-kali, file yang berukuran di atas 5MB, percakapan dengan file terbesar dan lain sebagainya.
  • Jika ingin segera mengosongkan memori tanpa memilah-milah file mana yang akan disimpan dan mana yang tidak, Anda disarankan mengklik pesan yang di atas 5 MB, kemudian klik ‘pilih semua’ di pojok kanan dan hapus. Cara ini merupakan yang tercepat. File dengan ukuran di atas 5 MB umumnya dalam format video dan dokumen-dokumen yang telah dipadatkan. 
  • Kalau ingin lebih selektif, Anda bisa memilih deretan percakapan yang muncul bersama dengan besaran filenya. Cara ini lebih bijak, karena Anda hanya akan kehilangan data dari percakapan yang Anda anggap tidak penting

Setelah data terhapus, Anda akan merasakan performa gawai lebih cepat karena bobot bebannya berkurang.

Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper