NASA : Perangkap Panas di Bumi Naik 2 Kali Lipat

Sartika Nuralifah
Jumat, 18 Juni 2021 | 15:39 WIB
Gas rumah kaca./Ilustrasi
Gas rumah kaca./Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut penelitian baru dari NASA dan National Oceanic and Atmospheric Administration sejak 2005, jumlah perangkap panas di Bumi telah meningkat dua kali lipat serta berkontribusi pada panas yang lebih cepat pada lautan, udara, dan daratan.

“Besarnya peningkatan ini belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Norman Loeb, ilmuwan NASA dan penulis utama studi tersebut, yang diterbitkan minggu ini di jurnal Geophysical Research Letters dilansir dari New York Post.

"Bumi memanas lebih cepat dari yang diperkirakan." ungkapnya.

Dengan menggunakan data satelit, para peneliti mengukur apa yang dikenal sebagai ketidakseimbangan energi Bumi atau diketahui dengan perbedaan antara seberapa banyak energi yang diserap planet ini dari matahari, serta seberapa banyak energi yang dapat dipancarkan kembali ke luar angkasa.

Stuart Evans, seorang ilmuwan iklim di University at Buffalo menjelaskan ketika bumi menyerap lebih banyak panas daripada melepaskan panas, hal itu adalah langkah pertama menuju pemanasan global.

“Ini adalah jumlah energi yang sangat besar,” kata Gregory Johnson, ahli kelautan untuk Laboratorium Lingkungan Laut Pasifik NOAA dan rekan penulis studi tersebut.

Johnson mengatakan peningkatan energi setara dengan setiap orang di bumi yang menggunakan 20 teapot listrik sekaligus.

Bumi mengambil sekitar 240 watt per meter persegi energi dari matahari. Pada awal periode penelitian, tahun 2005, ia memancarkan kembali sekitar 239,5 watt yang menciptakan ketidakseimbangan positif sekitar setengah watt. Pada akhirnya, tahun 2019, kesenjangan itu hampir dua kali lipat menjadi sekitar 1 watt penuh per meter persegi.

Lautan menyerap sebagian besar panas itu, sekitar 90 persen. Ketika peneliti membandingkan data satelit dengan pembacaan suhu dari sistem sensor laut, mereka menemukan pola yang sama. Kesepakatan antara kumpulan data melampaui harapan. Loeb menyebutnya "paku di peti mati" untuk hasil ketidakseimbangan.

"Fakta bahwa mereka menggunakan dua pendekatan pengamatan yang berbeda dan muncul dengan tren yang sama," kata Elizabeth Maroon, ahli iklim di University of Wisconsin di Madison yang tidak terafiliasi dengan penelitian ini.

Pertanyaan terbesar yang beredar adalah apa yang mendorong akselerasi. Studi ini menunjukkan penurunan tutupan awan dan es laut, yang memantulkan energi matahari kembali ke luar angkasa, dan peningkatan gas rumah kaca yang dipancarkan oleh manusia, seperti metana dan karbon dioksida, serta uap air, yang terperangkap panas lebih banyak di Bumi. Peneliti mengatakan sulit untuk membedakan perubahan yang disebabkan oleh manusia dari variasi siklus dalam iklim.

“Mereka semua bercampur menjadi satu,” kata Loeb. Loeb menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan faktor-faktor tersebut.

Periode yang dipelajari bersamaan dengan fluktuasi iklim yang mungkin memainkan peran penting dalam percepatan, termasuk peristiwa El Niño yang kuat dari 2014 hingga 2016, yang menyebabkan air menjadi hangat yang tidak biasa.

Kevin Trenberth, seorang sarjana terkemuka di National Center of Atmospheric Research, mengatakan hasil penelitian ini tidak terlalu mengejutkan mengingat variasi klimaks ini. Tapi 15 tahun bukanlah waktu yang cukup untuk membentuk sebuah tren, katanya. "Tentu saja kita ingin tahu 10 tahun lagi untuk melihat bagaimana kondisinya, apakah akan berlanjut?" katanya.

Menurut Johnson hal ini masih belum jelas. Ketidakseimbangan dapat menyusut dalam beberapa tahun dibandingkan dengan yang lain, tetapi lintasan umum tampaknya naik, terutama jika Osilasi Dekadal Pasifik tetap dalam fase hangat.

“Semakin lama kita mengamatinya, semakin yakin kita menjadi tren.” Ujar Johnson.

Melacak ketidakseimbangan energi Bumi juga akan membantu para ilmuwan lebih memahami perubahan iklim, kata Johnson. Metrik umum lainnya, seperti suhu udara, hanya menangkap sebagian kecil dari efek panas matahari. Ketidakseimbanga mengukur "jumlah seluruh panas yang masuk ke sistem iklim."

Terlepas dari besarnya atau alasan ketidakseimbangan yang dipercepat, fakta bahwa itu positif sangat penting, Trenberth mengatakan "Itu tanda yang penting di sini. Fakta bahwa itu positif berarti pemanasan global sedang terjadi.”

Panas ekstra itu, terutama di lautan, akan berarti badai yang lebih kuat dan gelombang panas laut.

“Saya harap pemanasan tidak berlanjut karena itu bukan kabar baik." Ujar Loeb.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper