Pasar Pangkalan Data Masih Besar, EDGE Fokus Ekspansi

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 18 Juni 2021 | 01:05 WIB
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Indointernet Tbk. (EDGE), yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada Senin (8/2/2021). /Istimewa
Jajaran Komisaris dan Direksi PT Indointernet Tbk. (EDGE), yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia pada Senin (8/2/2021). /Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indointernet Tbk. (EDGE) menilai pasar pangkalan data di Tanah Air masih sangat luas. Hal ini mendorong perusahaan untuk terus melakukan ekspansi dengan membangun Edge pangkalan data yang semakin dekat dengan para pelanggan. 

Direktur Utama Indointernet Djarot Subiantoro mengatakan pangkalan data menjadi salah satu pilar infrastruktur digital, selain jaringan telekomunikasi. 

Menurutnya, kebutuhan terhadap pangkalan data dalam proses transformasi digital masih sangat besar sehingga persaingan yang terjadi tidak terlalu ketat. Peluang masing-masing penyelenggara pangkalan data untuk tumbuh dan berkembang dinilainya sangat memungkinkan. 

Berdasarkan studi Structure Research, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pangkalan data  tercepat dengan estimasi pertumbuhan rata-rata tahunan 23,5 persen selama periode 2020-2025. 

“Dengan market size sebesar US$618juta pada 2025,” kata Djarot kepada Bisnis, Kamis (17/6/2021). 

Djator menambahkan kapasitas pangkalan data yang dinyatakan dalam pemakaian listrik IT load, jika dibandingkan dengan beberapa negara lain, Indonesia masih jauh dari pemenuhan proyeksi kebutuhan yang terus meningkat. 

Sebagai gambaran, pangkalan data di Singapura berada di 65 Watt per kapita, Jepang 10 Watt per kapita, sedangkan di Indonesia belum sampai 0.5 Watt per kapita. 

“Seberapa cepat dan seberapa andal yang akan lebih menentukan ketersediaan solusi terhadap kebutuhan pangkalan data di Indonesia. Keandalan dinyatakan dalam tingkat layanan, dukungan operasi prima [excellence] dan kelengkapan ekosistem digital,” kata Djarot. 

Dia mengatakan potensi pasar tersebut membuat pemain global mulai masuk ke Indonesia. Untuk mengantisipasi persaingan, perseroan menggandeng pemain global, Digital Edge (Hong Kong) Ltd. 

Djarot menuturkan sepanjang 2020, pendapatan usaha Indonet tumbuh 38 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pendapatan tersebut didorong pertumbuhan pendapatan dari layanan jaringan, pangkalan data, dan juga komputasi awan.

Pada 2020, perseroan berencana membangun Edge pangkalan data untuk menjawab kebutuhan akan akses data dengan latensi rendah. Edge pangkalan data Indointernet memiliki kapasitas 6 MegaWatt. 

Untuk diketahui, Edge pangkalan data merupakan pangkalan data kecil perantara antara server inti pangkalan data milik perusahaan dengan perangkat IoT (Internet of Things) pelanggan.

Dengan teknologi ini, maka letak aplikasi dan data lebih dekat ke server dan penggunanya. Alhasil, latensi layanan semakin rendah dan pelanggan semakin nyaman dalam menggunakan IoT.  

“Pada November 2020, kami berhasil mengamankan perjanjian sebesar 30 persen kapasitas EDGE pangkalan data  1 dengan pelanggan. Sampai dengan saat ini, kami terus menggalakkan kegiatan marketing dan penyelesaian EDGE pangkalan data  1,” tekannya. 

Djarot menjelaskan bisnis pangkalan data Indonet berfokus ke Edge pangkalan data. Saat ini perseroan memiliki kapasitas sekitar 6 MW IT load, dan telah membeli lahan untuk Edge pangkalan data kedua yang dalam proses desain, serta telah merencanakan akuisisi lahan untuk pengembangan Edge pangkalan data ketiga. 

Terkait dengan utilisasi, dengan masuknya Digital Edge sebagai pemegang saham, Indonet memiliki keunggulan dalam hal database pelanggan. Sebagai pemain global, Digital Edge dapat memperluas cakupan pelanggan EDGE data center

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper