Palapa Ring Integrasi Atasi Permasalahan Kesenjangan Digital

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 11 Juni 2021 | 07:26 WIB
Pekerja mengawasi proses bongkar muat kabel serat optik proyek Palapa Ring Paket Timur di Depo PT. Communication Cable Systems Indonesia (CCSI), Cilegon, Banten, Selasa (5/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Pekerja mengawasi proses bongkar muat kabel serat optik proyek Palapa Ring Paket Timur di Depo PT. Communication Cable Systems Indonesia (CCSI), Cilegon, Banten, Selasa (5/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menyambut positif rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun jaringan Palapa Ring Integrasi. Jaringan tulang punggung tersebut diyakini dapat memangkas kesenjangan digital di Tanah Air.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan ketersediaan palapa ring tersebut akan sangat membantu perseroan dalam pembangunan jaringan ke seluruh Indonesia, khususnya di daerah-daerah rural. 

Selama ini, kata Ayu, kendala terbesar dalam pembangunan di area rural selain dari sisi akses, juga biaya investasi yang tinggi akibat keterbatasan infastruktur jaringan tulang punggung. Dengan hadirnya Palapa Ring Integrasi, maka upaya perusahaan dalam memperluas jaringan hingga ke pelosok makin terbuka lebar. 

“Dengan adanya Palapa Ring diharapkan dapat menjawab permasalahan infrastruktur yang ada dan tentu saja dengan biaya yang mendukung keberlangsungan bisnis perseroan,” kata Ayu kepada Bisnis, Kamis (10/6/2021). 

Ayu juga mengatakan kehadiran Palapa Ring Integrasi akan membantu perseroan dalam mendukung program pemerintah, memberikan jaringan cepat ke seluruh pelosok Indonesia.

Ayu menuturkan baik jaringan tulang punggung atau jaringan pengalur (backhaul), sama pentingnya karena keduanya akan berdampak pada peningkatan layanan yang akan dirasakan oleh pelanggan. 

“Jika hanya dilakukan pembangunan di satu sisi maka akan berpotensi adanya penghambat di jaringan, sehingga keduanya menjadi penting untuk bisa mendukung satu sama lain dan memaksimalkan kapasitas yang dimiliki,” kata Ayu. 

Sementara itu, Senior Vice President Corporate Communications Indosat Steve Saerang mengatakan perseroan menyambut baik rencana perluasan Palapa Ring. 

Perluasan akan membuat Palapa Ring terintegrasi dengan keseluruhan jaringan tulang punggung nasional, sehingga menghadirkan kualitas yang lebih andal. 

“Indosat berkomitmen penuh untuk mendukung penggelaran jaringan telekomunikasi seluas-luasnya di seluruh wilayah Indonesia untuk mendukung visi nasional transformasi menjadi negara digital,” kata Steve. 

Steve juga berpendapat pergelaran jaringan tulang punggung sebaiknya dilakukan oleh penyelenggara netral seperti Palapa Ring dan dapat dipakai oleh semua operator telekomunikasi.  

“Sedangkan backhaul umumnya menyesuaikan dengan topologi jaringan dari masing-masing operator,” kata Steve.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper