Kominfo Matikan Siaran TV Analog di Wilayah Ini pada 17 Agustus

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 9 Juni 2021 | 13:16 WIB
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan dari 14 wilayah siaran di Aceh, sebanyak 4 wilayah akan dipadamkan siaran analognya paling lambat pada 17 Agustus 2021. Secara bertahap, seluruh wilayah siaran akan dipadamkan siaran analognya dan dialihkan ke siaran TV digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan pemadaman siaran analog untuk tahap awal dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemenkominfo telah mendesain jaringan layanan siaran televisi digital di seluruh Indonesia dengan merujuk pada standar Internasional Telecommunication Union (ITU).

Faktor-faktor seperti kondisi geografis, luas wilayah perbatasan, spektrum frekuensi radio dan kemampuan teknologi siaran digital, kata Johnny, mempengaruhi desain akhir, termasuk di Provinsi Aceh.

Di kota yang memiliki julukan Kota Serambi Makkah itu, wilayah siaran digital akan terbagi menjadi 14 wilayah siaran. Pada tahap awal, siaran digital akan digelar di 4 dari 14 wilayah layanan.

“Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar termasuk sebagai daerah kandidat pelaksanaan Analog Switch Off di tahap pertama,” kata Johnny dalam konferensi virtual, Rabu (9/6/2021).

Johnny mengatakan kondisi ASO empat wilayah tersebut sudah siap. Sebanyak 4 lembaga penyiaran penyedia multiplexing sudah siap menampung 16 siaran yang berarlih dari analog ke digital.

Setelah siaran analog di 4 wilayah padam, kata Johnny, selanjutnya wilayah Aceh dua, Kota Sabang dan Bireun sekitarnya akan dipadamkan pada penghujung tahun ini.

“Adapun, Aceh 3 yang tersebar di wilayah Lhoksumawe dan sekitar dilaksanakan pada 31 Maret 2022,” kata Johnny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper