Gojek: Valuasi Merger dengan Tokopedia Tembus Rp257,31 Triliun

Akbar Evandio
Selasa, 18 Mei 2021 | 19:42 WIB
Gojek dan Tokopedia merger menjadi Grup GoTo / Tech Crunch.
Gojek dan Tokopedia merger menjadi Grup GoTo / Tech Crunch.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) menyebutkan aksi merger mereka dengan PT Tokopedia akan memiliki valuasi bisnis secara historis sekitar US$18 miliar atau setara dengan Rp257,31 triliun.

“Valuasi Gojek dan Tokopedia [sebenarnya] belum dimulai karena kami belum mendaftar ke pasar publik. [Namun] sebelumnya, kami telah mengungkapkan bahwa secara historis, valuasi bisnis Gojek dan Tokopedia bernilai sekitar US$18 miliar,” kata Chief Corporate Affairs Gojek Nila Martia, Selasa (18/5/2021).

Adapun, dikutip melalui CBInsight, melalui aksi merger ini pemegang saham Gojek akan memiliki 58 persen sementara pemegang saham Tokopedia akan memiliki 42 persen sisanya dengan potensi valuasi hingga US$40 miliar jika debutnya di pasar publik berhasil dilakukan.

Sementara itu, berdasarkan data Statista, penilaian gabungan Gojek dan Tokopedia akan menjadikan GoTo sebagai startup dengan nilai tertinggi ke-12 di dunia dengan valuasi senilai US$17 miliar.

Penggabungan tersebut akan membuka pintu Indonesia dalam jajaran 20 unikorn teratas di dunia, yang sebagian besar terdiri dari perusahaan China dan Amerika Serikat.

Sekadar catatan, Grup GoTo memiliki daftar investor blue-chip seperti Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper