Google Buat Asisten Suara Smatphone Jadi Lebih Pintar

Syaiful Millah
Senin, 26 April 2021 | 09:00 WIB
Google baru-baru ini juga meluncurkan versi baru dari Google Voice Assistant secara global. /Google Assistant
Google baru-baru ini juga meluncurkan versi baru dari Google Voice Assistant secara global. /Google Assistant
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Raksasa teknologi Google dilaporkan tengah menguji coba opsi baru yang memungkinkan pengguna menghentikan alarm dan menjawab panggilan masuk dengan cara yang lebih mudah. 

Alih-alih mengucapkan 'Hello Google' terlebih dahulu sebagaimana berlaku saat ini, pengguna bisa langsung mengatakan 'setop' untuk menghentikan alarm. Artinya, asisten suara Google menjadi lebih pintar. 

Laproan dari The Verge, Senin (26/4/2021), opsi tersebut muncul dalam pengaturan yang disebut Gucamole di aplikasi Google untuk beberapa pengguna smartphone. Intinya memungkinkan user mengucap frasa sederhana seperti 'setop' atau 'answer/miss a call'. 

Fitur ini sebenarnya telah digunakan di Google Home atau smart speaker Nest Hub. Perusahaan mengatakan kepada The Verge bahwa mereka terus bereksperimen dengan cara baru untuk meningkatkan pengalaman Google Assistant secara keseluruhan. 

Sebagai catatan, Google baru-baru ini juga meluncurkan versi baru dari Google Voice Assistant secara global. Pembaruan ini hadir dengan dukungan bantuan pengemudi untuk lebih banyak negara dan wilayah. 

Selain fitur dan pembaruan untuk asisten suaranya, Google juga menambahkan kemampuan untuk memilih kualitas video mana yang akan diluncurkan secara defult pada aplikasi seluler Youtube. 

Laporan dari 9to5Google menyatakan bahwa perusahaan telah memperbarui aplikasi seluler Youtube dengan lebih banyak opsi untuk menyetel kualitas pemutaran video. Sebelumnya, satu-satunya pilihan adalah fungsi pemilihan kualitas otomatis. 

Saat ini, pengguna secara opsional dapat memilih pemakaian otomatis dengan kualitas terbaik atau sebaliknya. Pengguna juga bisa memilih mode mana yang akan dihidupkan secara otomatis, apakah menggunakan jaringan wifi atau jaringan seluler. 

Berdasarkan catatan 9to5Google, dalam mode kualitas terbaik, resolusi video dibatasi pada 720p. Sedangkan pada pilihan penghematan daya, kualitas berkisar antara 144p hingga 480p. Pengguna dapat mengatur resolusi secara manual hingga 4K UHD. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper