Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Platform SAAS Qapita Raih Pendanaan US$5 juta

Solusi SaaS manajemen ekuitas digital sangat dibutuhkan oleh startup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 April 2021  |  11:22 WIB
Dari kiri ke kanan: Vamsee Mohan (CTO), Ravi Ravulaparthi (CEO), Lakshman Gupta (COO)
Dari kiri ke kanan: Vamsee Mohan (CTO), Ravi Ravulaparthi (CEO), Lakshman Gupta (COO)

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan (startup) penyedia layanan Software-as-a-Service (SaaS) untuk pengelolaan ekuitas, Qapita mengumumkan pendanaan pra-seri A senilai US$ 5 juta yang dipimpin oleh MassMutual Ventures.

Perusahaan modal ventura yang berbasis di India, Endiya Partners, dan investor terkemuka yang berbasis di India termasuk Anjali Bansal (Pendiri Avaana Capital), Sujeet Kumar (Co-Founder Udaan), serta CEO dari decacorn yang berbasis di India juga berinvestasi dalam putaran ini.

Sekadar catatan, Qapita membantu perusahaan swasta dan startup mencatat serta mengelola pencatatan struktur kepemilikan saham perusahaan dan rencana kepemilikan saham karyawan (ESOP).

COO dan Co-Founder Qapita Lakshman Gupta mengatakan pendanaan baru ini akan digunakan untuk menambah talenta di bidang engineering, mempercepat pengembangan produk, dan penambahan klien di India, Indonesia serta Singapura.

“Selama enam bulan terakhir, lebih dari seratus startup telah bergabung dengan Qapita untuk mengelola kepemilikan ekuitas mereka pada platform kami. Fitur-fitur baru yang ada akan membantu kami mengatasi berbagai masalah, tidak hanya dari para pemula dan investor, tetapi juga dari semua pemangku kepentingan dalam ekosistem kami. Kami akan bekerja sama dengan mitra di divisi sekretariat perusahaan dan legal untuk tumbuh bersama dengan berkolaborasi,” katanya lewat rilisnya, Selasa (20/4/2021).

Selain itu, dia mengatakan Qapita berencana melakukan digitalisasi proses penerbitan saham dan opsi pembelian saham (equity awards). Pendanaan ini dilakukan setelah perusahaan mendapatkan pendanaan Seed-Round yang dipimpin oleh Vulcan Capital dan East Ventures yang berbasis di Indonesia pada September 2020.

Selain Vulcan Capital dan East Ventures, sebagian besar angel investor juga turut berpartisipasi dalam putaran pendanaan ini, antara lain Koh Boon Hwee, Atin Kukreja, Alto Partners, Mission Holdings, Northstar Group Partners (Patrick Walujo) & K3 Ventures.

Berbicara tentang investasi ini, Managing Director MassMutual Ventures Anvesh Ramineni mengatakan perusahaan melihat tren yang menunjukkan integrasi antara pasar publik dan privat dan Qapita dinilai dapat memberikan solusi tersebut.

“Kami yakin tim ini memiliki kombinasi yang tepat, baik dari segi pengalaman, pemahaman tentang pasar regional, dan keahlian produk untuk mewujudkan visi mereka. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Qapita dan berharap dapat bekerja sama, melihat mereka sedang membangun perusahaan terkemuka di Asia,” katanya.

Sementara itu, Willson Cuaca, Co-founder dan Managing Partner East Ventures akan bergabung dalam dewan komisaris setelah investasi Pra-Seri A ini turut mengatakan bahwa saat ini solusi SaaS manajemen ekuitas digital sangat dibutuhkan oleh startup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

“Solusi tersebut akan menghilangkan masalah yang kerap dihadapi oleh para pendiri dan karyawan startup serta investor dalam melacak kepemilikan mereka melalui perangkat lunak manajemen cap table dan ESOP. Kami yakin tim Qapita berada pada posisi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini dalam skala besar,” kata Willson.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp pendanaan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top