Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kominfo Dorong Wanita Kembangkan Inovasi Digital

Kementerian Kominfo mendorong wanita Indonesia untuk mengembangkan inovasi digital dengan semangat Kartini pada masa pandemi Covid-19 ini.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 April 2021  |  20:49 WIB
Ilustrasi transformasi digital - Flickr
Ilustrasi transformasi digital - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong wanita Indonesia untuk mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan saat ini semangat Kartini dapat diterapkan untuk mengembangkan inovasi melalui teknologi digital.

“Kami banyak mendengar dan melihat bagaimana wanita sangat berperan dalam menjaga ketahanan keluarga terutama di masa pandemi Covid-19 ini dengan bantuan teknologi digital. Jika dahulu Kartini berliterasi melalui surat, maka di era digital ini para Kartini modern dapat mengembangkan dunianya melalui teknologi digital,” tuturnya dalam Webinar Peran Wanita dalam Era Transformasi Digital, Selasa (20/4/2021).

Menurutnya, semangat juang dan pemikiran Ibu Raden Ajeng Kartini dapat diimplementasikan dan terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.

“Kali ini menerjemahkan semangat tersebut ke dalam kondisi masa kini, dimana wanita harus mampu mengambil peran di segala bidang dan ilmu pengetahuan, serta mampu beradaptasi dan memberikan inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital,” katanya.

Mira menyatakan saat ini keterlibatan wanita sudah banyak terlihat dan dirasakan di semua bidang dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan hukum politik, sosial, budaya.

“Dan bahkan dalam bidang teknologi termasuk teknologi digital yang mungkin selama ini dipersepsikan atau di-stereotype-kan sebagai dunia laki-laki,” ujarnya.

Mengutip data kajian World Economic Forum pada 2021 menunjukkan wanita hanya mengisi 14 persen dari total pekerja di sektor komputasi awan (cloud computing) dan 32 persen di sektor data dan kecerdasan buatan.

Mira mengakui masih ada ketimpangan gender memang rentan terjadi di sektor-sektor yang membutuhkan keterampilan teknologi digital mutakhir. Namun, hal itu menurutnya sedikit terkikis, salah satunya di Kementerian Kominfo.

“Kehadiran wanita sebagai Pimpinan Tinggi baik Madya maupun Pratama di Kementerian Kominfo saat ini mencapai sekitar 19 persen,” ujarnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top