Tips Agar Startup SaaS Dilirik Pemodal dari Lightspeed

Akbar Evandio
Sabtu, 20 Februari 2021 | 18:31 WIB
Software as a service (SaaS)./Istimewa
Software as a service (SaaS)./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan penyedia perangkat lunak tempat penjualan dan e-niaga, Lightspeed optimistis model bisnis software as a service (SaaS) tumbuh dengan baik sepanjang 2021.

Pinn Lawjindakul, Vice President of Lightspeed. mengatakan bahwa saat ini masyarakat sudah berada di titik semua orang menjadi lebih nyaman dengan kehadiran layanan teknologi digital.

“Potensi ini sangat besar untuk market Indonesia dengan besarnya bisnis yang beroperasi di Indonesia dan dukungan lembaga pemerintah. Terjadinya pandemi Covid-19, yang akhirnya menyebabkan karantina wilayah, meningkatkan kebutuhan digitalisasi bagi para pelaku usaha dan UMKM,” katanya saat dihubungi Bisnis melalui e-mail, Sabtu (20/2/2021).

Pinn menilai persaingan masih terbatas, karena sebagian besar masih fokus pada pembuatan produk konsumer, serta ahli dalam pengembangan SaaS relatif masih sedikit.

Alhasil, dia mengatakan hal ini yang menjadi alasan utama model bisnis SaaS diminati banyak investor untuk diberikan suntikan dana, lantaran margin dan lifetime value yang tinggi disebabkan oleh karakteristik bisnis tersebut.

“Para pemodal juga melihat model bisnis ini juga cenderung lebih efisien dari segi modal dibanding bisnis yang berbasis konsumen dan transaksi,” katanya.

Lebih lanjut, Pinn menyebut terdapat tiga faktor yang sebaiknya dimiliki pelaku bisnis untuk menarik investor, yaitu dapat menyampaikan kesulitan terbesar atau pain points dan memiliki strategi go-to-market yang jelas dan terukur.

“Selain itu, perusahaan perlu memiliki product-market fit yang kuat dan kemampuan untuk membangun pertumbuhan penjualan,”kata Pinn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper