Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Layanan Over The Top, Vidio Ingin Pemain Lokal & Asing Setara

Vidio mendukung rencana pemerintah yang mewajibkan penyedia layanan over the top asing dan lokal bekerja sama agar tercipta kesetaraan.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  11:21 WIB
Ilustrasi streaming
Ilustrasi streaming

Bisnis.com, JAKARTA - Rencana pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi digital Tanah Air melalui beleid yang mewajibkan kerja sama antara penyedia layanan over-the-top (OTT) asing dan lokal dengan penyelenggara telekomunikasi ke dalam RPP Postelsiar mendapat dukungan OTT lokal.

Pasalnya, dengan aturan kerja sama tersebut, selain bakal membuat ekonomi digital Indonesia tumbuh, juga memberikan equal playing field antara OTT asing dengan OTT lokal. 

Deputy CEO Vidio Hermawan Sutanto mendukung rencana yang digagas oleh Kemenko Perekonomian dan Kominfo dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai Bidang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar)  tersebut sebagai turunan Undang-Undang No. 11/2020 tentang Cipta Kerja. 

"Vidio berterima kasih atas upaya yang dilakukan pemerintah dalam menyetarakan playing field antara pemain asing dengan pemain lokal dan tentunya mendukung kerja sama perusahaan OTT dan perusahaan telekomunikasi nasional," ujarnya dalam siaran pers yang dikutip, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya kolaborasi yang erat antara perusahaan OTT dengan operator telekomunikasi memiliki potensi besar dalam mendorong kemajuan ekonomi digital nasional yang tengah digalakkan Presiden Jokowi.

Pihaknya pun mengapresiasi dukungan seluruh operator telekomunikasi nasional yang selama ini sudah bekerja sama dengan unit usaha EMTEK Group tersebut. Saat ini Vidio sudah bekerja sama dengan XL, Indosat, Tri, Smartfren, Telkom dan Telkomsel. 

Menurutnya, operator telekomunikasi nasional benar-benar memperhatikan perusahaan OTT lokal seperti Vidio yang mengusung konten-konten lokal sehingga terbentuk ekosistem ekonomi digital dan kreatif lokal yang sangat kuat dan saling menguntungkan.

"Kerja sama yang terjalin baik selama ini dapat memastikan jaminan kualitas dari koneksi data, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan OTT dalam menikmati layanan live streaming konten, seperti siaran langsung olahraga maupun video on demand (VOD)," ujarnya.

Selain itu, menurutnya, kerja sama tersebut terbukti mampu meningkatkan jumlah pelanggan aktif Vidio, sehingga keuntungan kerja sama tak hanya dinikmati Vidio dan partner operator telekomunikasi saja, namun juga bagi pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi over the top
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top