Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tri Indonesia Pilih Rekonfigurasi 3G dan 4G

Tri Indonesia memilih melakukan rekonfigurasi untuk optimasi spektrum dan jaringan yang dimiliki.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Februari 2021  |  12:40 WIB
Menara BTS PT Hutchison 3 Indonesia
Menara BTS PT Hutchison 3 Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) menegaskan lebih memilih melakukan rekonfigurasi untuk optimasi spektrum dan jaringan yang dimiliki.

Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia Danny Buldansyah mengatakan perseroan tidak melakukan realokasi 3G ke 4G sebagaimana yang dilakukan oleh operator lain, melainkan rekonfigurasi 3G dan 4G sejak 2015. Dengan skema tersebut, hampir semua site (menara) Tri mempunyai 3G dan 4G teknologi.

“Sampai saat ini hanya tersisa 350 sites yang berdiri sendiri atau standalone 3G tanpa 4G. Pada tahun ini, ada 100 sites 3G lagi yang akan direkonfigurasi ke 3G dan 4G,” kata Danny kepada Bisnis.com, Rabu (17/2/2021).

Danny mengatakan saat ini perseroan memiliki lebih dari 30.000 site 3G yang didukung oleh 5 MHz dari total 15 MHz spektrum pada rentang frekuensi 2100MHz.

Tri Indonesia telah memberikan layanan kepada 37.000 desa di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok, melalui serat optik yang membentang sepanjang 16.000 Km.

Dia mengeklaim 95 persen pelanggannya adalah anak muda dengan gaya hidup digital yang tinggi. Pada 2020, Tri mencatat jumlah pelanggan yang dimiliki sebanyak 36 juta pelanggan.

Sebelumnya, XL Axiata Tbk. (EXCL) berencana merealokasikan aset 3G ke 4G untuk memaksimalkan pemanfaatan spektrum sehingga dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Secara bertahap, spektrum yang saat ini dipergunakan XL untuk 3G akan di refarming ke 4G.

Refarming spektrum frekuensi merupakan proses penataan ulang pita frekuensi radio. Dengan refarming penggunaan pita spektrum frekuensi radio dapat makin optimali sehingga masyarakat dapat menikmati penambahan kapasitas untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas data yang makin padat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutchison 3
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top