Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Clubhouse, Aplikasi Viral yang Sempat Dipakai Elon Musk

Clubhouse, aplikasi media sosial berbasis obrolan suara, menjadi viral usai sempat dipakai oleh Elon Musk.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  14:37 WIB
Elon Musk
Elon Musk

Bisnis.com, JAKARTA – Clubhouse, aplikasi jejaring sosial obrolan audio khusus undangan, tengah ramai diperbincangkan warganet dan sukses mencuri perhatian setelah sempat digunakan oleh Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX

Dikutip melalui TheVerge, Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang berbasis obrolan suara dengan fokuskan pada konten audio untuk berinteraksi.

Uniknya, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mendengarkan obrolan, wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara live sehingga pengguna dapat secara langsung mendengarkan siaran yang tengah dilakukan oleh penyelenggara.

Namun, menurut pantauan Bisnis.com, saat ini aplikasi tersebut baru dapat digunakan oleh user iOS dan tidak bisa secara langsung membuat akun dan mendengarkan konten yang tersedia.

Hal pertama yang perlu diketahui tentang Clubhouse adalah cara bergabung. Laman Business Insider menjelaskan, Clubhouse bersifat khusus undangan. Artinya siapa pun yang ingin bergabung harus dibawa oleh seseorang yang sudah memiliki akun.

Pengguna masih dapat mengunduh aplikasi dan memasukkan nama mereka dalam daftar tunggu, tetapi tidak ada jaminan bahwa mereka akan mendapatkan akun dengan cara itu.

CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan aplikasi tersebut pada akhirnya akan terbuka untuk semua orang, termasuk pengguna Android. Namun, saat ini proses ini masih berjalan lambat.

“Siapa pun yang berhasil menerima undangan hanya diberi dua undangan sendiri, yang kemudian dapat mereka berikan kepada orang lain,” katanya seperti dikutip Bisnis.com, Selasa (16/2/2021).

Sementara Clubhouse telah membangun reputasi yang kuat, dia melanjutkan perusahaan akan mengincar masa depan, yaitu rencana untuk memungkinkan pengguna menghasilkan uang melalui aplikasi dari langganan, mengadakan acara, dan menerima tip. Dan semakin banyak orang yang diundang, desas-desusnya pasti akan berkembang.

Adapun untuk penggunaannya, setelah memiliki akun, maka pengguna akan menerima rekomendasi obrolan yang akan terjadi dalam waktu dekat. Rekomendasi ini didasarkan pada pemilihan yang dilakukan pada bagian awal pendaftaran, sehingga topik yang disukai akan muncul lebih sering.

Nantinya pengguna bisa bergabung dalam panggilan bersama, dan bisa mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber. Hanya beberapa orang yang akan berbicara, dan sisanya berperan sebagai peserta yang mendengarkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top