Clubhouse, Aplikasi Viral yang Sempat Dipakai Elon Musk

Akbar Evandio
Selasa, 16 Februari 2021 | 14:37 WIB
Elon Musk
Elon Musk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Clubhouse, aplikasi jejaring sosial obrolan audio khusus undangan, tengah ramai diperbincangkan warganet dan sukses mencuri perhatian setelah sempat digunakan oleh Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX

Dikutip melalui TheVerge, Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang berbasis obrolan suara dengan fokuskan pada konten audio untuk berinteraksi.

Uniknya, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk mendengarkan obrolan, wawancara, atau diskusi mengenai berbagai topik secara live sehingga pengguna dapat secara langsung mendengarkan siaran yang tengah dilakukan oleh penyelenggara.

Namun, menurut pantauan Bisnis.com, saat ini aplikasi tersebut baru dapat digunakan oleh user iOS dan tidak bisa secara langsung membuat akun dan mendengarkan konten yang tersedia.

Hal pertama yang perlu diketahui tentang Clubhouse adalah cara bergabung. Laman Business Insider menjelaskan, Clubhouse bersifat khusus undangan. Artinya siapa pun yang ingin bergabung harus dibawa oleh seseorang yang sudah memiliki akun.

Pengguna masih dapat mengunduh aplikasi dan memasukkan nama mereka dalam daftar tunggu, tetapi tidak ada jaminan bahwa mereka akan mendapatkan akun dengan cara itu.

CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan aplikasi tersebut pada akhirnya akan terbuka untuk semua orang, termasuk pengguna Android. Namun, saat ini proses ini masih berjalan lambat.

“Siapa pun yang berhasil menerima undangan hanya diberi dua undangan sendiri, yang kemudian dapat mereka berikan kepada orang lain,” katanya seperti dikutip Bisnis.com, Selasa (16/2/2021).

Sementara Clubhouse telah membangun reputasi yang kuat, dia melanjutkan perusahaan akan mengincar masa depan, yaitu rencana untuk memungkinkan pengguna menghasilkan uang melalui aplikasi dari langganan, mengadakan acara, dan menerima tip. Dan semakin banyak orang yang diundang, desas-desusnya pasti akan berkembang.

Adapun untuk penggunaannya, setelah memiliki akun, maka pengguna akan menerima rekomendasi obrolan yang akan terjadi dalam waktu dekat. Rekomendasi ini didasarkan pada pemilihan yang dilakukan pada bagian awal pendaftaran, sehingga topik yang disukai akan muncul lebih sering.

Nantinya pengguna bisa bergabung dalam panggilan bersama, dan bisa mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber. Hanya beberapa orang yang akan berbicara, dan sisanya berperan sebagai peserta yang mendengarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper