Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembatalan Lelang Lelang Frekuensi 2,3 GHz Tidak Pengaruhi Program 5G

Pegelaran 5G memang harus menunggu peraturan pemerintah dengan skema penggabungan spektrum yang merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Januari 2021  |  18:25 WIB
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman

Bisnis.com, JAKARTA — Pembatalan lelang frekuensi 2,3 GHz dinilai tidak berdampak pada rencana pegelaran 5G di Tanah Air.

Menurut Nonot Harsono, pengamat telekomunikasi, lelang frekuensi 2,3 GHz dengan membagi frekuensi 2360—2390 MHz menjadi tiga blok memang tidak memiliki pengaruh sejak awal pada implementasi 5G.

“[Pembatalan lelang] itu tidak ada kaitannya dengan 5G. Itu gimik saja karena 5G sebenarnya butuh pita yang jauh lebih lebar. Jadi, lebih perlu menunggu aturan baru,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Minggu (24/1/2020).

Nonot melanjutkan bahwa pegelaran 5G pada kenyataannya memang harus menunggu peraturan pemerintah dengan skema penggabungan spektrum yang merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).

“Perlu direncanakan oleh pemerintah, di sini Kominfo untuk [operator] siapa bergabung dengan siapa agar tetap terjaga adanya kompetisi yang sehat,” katanya.

Selain itu, Nonot meyakini bahwa 2021 memang tahun persiapan sebelum jaringan generasi kelima tersebut siap untuk diadopsikan.

“[Tahun] 2021 ini tahun persiapan karena untuk bisa menjadi jaringan 5G harus dimulai dengan merapikan jaringan kabel fiber optik, tanpa itu, tidak akan tercapai kualitas 5G,” ujar Nonot.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penataan frekuensi teknologi 5G
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top