Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Hanya Konsolidasi, Langkah Ini Jadi Incaran Startup pada 2021

Perusahaan startup maupun scale-up, korporasi, dan investor terus mencari pertumbuhan dan profitabilitas.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  06:49 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA – Kolaborasi antar perusahaan rintisan (startup) diprediksi makin marak dilakukan pada 2021. 

Entrepreneurial and  Private Business Leader PwC Indonesia Michael Goenawan mengatakan pandemi Covid-19 mempengaruhi kinerja bisnis dan ekonomi global. Perusahaan startup maupun scale-up, korporasi, dan investor terus mencari pertumbuhan dan profitabilitas.

Menurutnya, tantangan ini menghadirkan peluang menarik bagi ekosistem untuk menata ulang cara mereka dalam berkolaborasi, berinovasi, dan bangkit kembali dengan lebih kuat.

“Bahkan, beberapa perusahaan  berskala menengah dan besar di Indonesia telah menjalin kerja sama dengan startup dalam bentuk investasi, ventura, atau kemitraan dengan pelanggan atau pemasok,” katanya lewat diskusi virtual, Selasa (19/1/2021).

Dia melanjutkan, hal tersebut sangatlah lazim dengan adanya tantangan-tantangan baru yang dihadapi selama pandemi, di mana startup mengejar peningkatan (scalability) melalui pendanaan, korporasi harus terus melakukan inovasi agar efisien dan kompetitif, dan investor mencari startup yang menjanjikan.

“Investor pun ingin memastikan bahwa perusahaan startup dan scale-up memiliki pertumbuhan fundamental yang tepat agar dapat mempertahankan imbal hasil investasi yang baik,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan startup digital saat ini merupakan elemen penting dari perekonomian bangsa. Mulai dari akselerasi UKM menggunakan pasar daring, akses pendidikan yang semakin terjangkau melalui teknologi  edukasi (edutech), hingga sistem keuangan yang lebih luas berkat fintech.

“Ke depan, Indonesia mungkin akan  melihat adanya lebih banyak kemitraan dan merger di antara startup yang beroperasi di Tanah Air, seiring upaya mereka untuk mencapai skala efisiensi dan menciptakan nilai tambah,” ujarnya.

Michael menambahkan semakin banyak perusahaan dan investor yang ingin  mengembangkan bisnisnya, inovasi dan investasi di sektor yang tepat sangatlah penting.

“Investasi strategis dan kolaborasi dengan startup dan scaleup membuka jalur yang lebih cepat untuk  mencapai kesuksesan dengan lompatan-lompatan besar yang inovatif agar dapat menonjol dalam  persaingan,” ujar Michael.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konsolidasi StartUp Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top