Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diam-Diam Apple Sudah Siapkan Prototype Layar Lipat untuk iPhone

Apple sudah melakukan pengerjaan purwarupa layar untuk ponsel lipatnya. Layar tersebut dilaporkan mirip dengan layar lipat yang digunakan oleh Samsung, Motorola dan pabrikan lainnya yang sudah lebih dahulu memasarkan ponsel lipatnya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 16 Januari 2021  |  14:04 WIB
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman - Reuters
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Apple diam-diam ternyata sudah mulai memulai pengerjaan purwarupa (prototype) layar untuk ponsel lipatnya yang hingga kini belum diketahui kapan akan diperkenalkan ke publik.

Melansir The Verge pada Sabtu (16/1/2021), sebuah laporan menyebut bahwa Apple sudah melakukan pengerjaan purwarupa layar untuk ponsel lipatnya. Layar tersebut dilaporkan mirip dengan layar lipat yang digunakan oleh Samsung, Motorola dan pabrikan lainnya yang sudah lebih dahulu memasarkan ponsel lipatnya.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu diketahui tengah mencari cara untuk membuat layar yang dapat dilipat dengan engsel yang sebagian besar tidak terlihat yang dapat dibuka hingga seukuran iPhone 12 Pro Max. Laporan tersebut mengatakan bahwa tim pengembang saat ini masih membahas ukuran layar yang akan dibuat.

Namun, laporan itu menyebutkan bahwa perangkat tersebut kemungkinan masih akan dirilis bertahun-tahun lagi, dan Apple hanya mengerjakan tampilan untuk saat ini, bukan bagian ponsel lainnya.

Apple belum secara terbuka menunjukkan minat apa pun dalam membuat ponsel yang dapat dilipat, meskipun raksasa teknologi itu memang jarang menunjukkan minatnya sebelum memasuki kategori produk baru.

Pesaing utama Apple yang telah terlebih dulu memasuki kategori produk tersebut, antara lain Samsung dan Motorola yang telah merilis beberapa generasi ponsel lipat. Samsung Galaxy Fold diperkenalkan pada April 2019, meskipun kemudian mengalami perbaikan karena masalah substansial.

Sementara iPhone pada tahun ini dilaporkan akan memiliki peningkatan kecil, namun satu peningkatan substansial yang masih mungkin adalah sensor sidik jari dalam layar.

Apple dikabarkan mempertimbangkan fitur tersebut pada awal 2020, dan diharapkan menjadi penambahan yang jelas pada 2021 karena penggunaan masker wajah menghambat kemampuan untuk menggunakan Face ID.

Tidak jelas seberapa besar kemungkinan Touch ID dalam layar akan dikemas pada iPhone 2021, sebab Apple cenderung mengunci rapat fitur iPhone sebelum masuk produksi, namun dilaporkan bahwa Apple "masih menguji" teknologi itu untuk dimasukkan tahun ini.

Apple juga kabarnya telah membahas penghapusan port lightning demi pengisian nirkabel pada "beberapa" model iPhone.

Apple tahun ini kabarnya juga akan menghadirkan perangkat pelacak AirTags, pesaing Tile dan Galaxy Smart Tag milik Samsung, juga melakukan penyegaran iPad Pro dengan tampilan Mini LED, serta iPad entry-level yang lebih tipis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi apple
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top