Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Google Chrome Sekarang Bisa Pakai Fitur Pencarian Suara

Setelah Gboard menerima pengetikan suara yang diberdayakan oleh Google Assistant, kali ini versi seluler dari browser Chrome juga mendapatkan keuntungan dari dukungan Google Assistant tersebut.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  16:30 WIB
Fitur baru yang berguna ini bahkan dapat diaktifkan pada ponsel yang tidak memiliki versi baru dari Google Assistant. - Google Assistant.
Fitur baru yang berguna ini bahkan dapat diaktifkan pada ponsel yang tidak memiliki versi baru dari Google Assistant. - Google Assistant.

Bisnis.com, JAKARTA - Google sedikit demi sedikit mengganti teknologi pengenalan suara lamanya di aplikasi Android untuk mendukung Google Assistant.

Setelah Gboard menerima pengetikan suara yang diberdayakan oleh Google Assistant, kali ini versi seluler dari browser Chrome juga mendapatkan keuntungan dari dukungan Google Assistant tersebut.

Seperti dilansir Android Police, Sabtu (26/12/2020), Chrome versi Android akan segera menggunakan Google Assistant untuk perintah suara. Jika ingin mencoba fitur ini sebelum peluncuran resminya, Anda dapat mengaktifkan bendera di Chrome yang baru-baru ini kembali diaktifkan.

Untuk mencobanya, Anda tidak perlu menjalankan versi khusus Chrome seperti versi Canary dari browser. Anda dapat mengaktifkan pencarian suara Google Assistant di versi saluran stabil Chrome 87.

Untuk mengaktifkan ini, pertama-tama Anda harus menuju ke chrome://flags. Kemudian, Anda perlu mencari Penelusuran Suara Asisten Omnibox. Setelah itu, Anda perlu menggunakan menu tarik-turun dan memilih salah satu opsi Diaktifkan, lalu mulai ulang browser.

Setelah melalui langkah-langkah sederhana ini, Anda akan dapat memanfaatkan pencarian suara di Google Chrome.

Jika ingin mencoba mencari sesuatu di Google dengan suara, Anda perlu mengetuk tombol mikrofon di omnibox Chrome atau saat membuka halaman tab baru. Kemudian, cukup ucapkan penelusuran Anda dengan lantang. Google Assistant akan memberi respons yang dapat didengar, dan Anda juga akan disajikan dengan hasil pencarian di perangkat Anda.

Fitur baru yang berguna ini bahkan dapat diaktifkan pada ponsel yang tidak memiliki versi baru dari Google Assistant. Satu-satunya hal yang akan Anda lewatkan adalah beberapa perkembangan visual kecil saat fitur ini digunakan.

Dalam berita Asisten lainnya, pekan ini juga terungkap bahwa Dyson akhirnya memberikan dukungan untuk asisten suara buatan Google tersebut. Merek Inggris yang terkenal dengan inovasi peralatan rumah tangga kini menawarkan dukungan Asisten pada sejumlah pembersih, pemanas, pelembab udara, dan penyedot debu robot.

Sekarang Anda dapat mengaktifkan perangkat Dyson dengan perintah Asisten seperti 'nyalakan pembersih saya', 'setel kecepatan kipas kelima', 'tingkatkan suhu', dan 'mulai menyedot debu'.

"Setelah menautkan Google Assistant dengan akun Dyson Anda, Anda dapat mengontrol pembersih Dyson cerdas, pelembab udara, atau robot vakum hanya dengan suara Anda. Anda juga dapat membuat rutinitas yang mengotomatiskan cara pembersih atau pelembab Anda berfungsi dengan perangkat lain di rumah Anda. Cepat dan mudah disiapkan," tulis Dyson dalam keterangannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google google inc
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top