Firefox 84 Kini 'Native Support' untuk Prosesor Apple. Apa keunggulannya?

Ika Fatma Ramadhansari
Kamis, 17 Desember 2020 | 09:25 WIB
Tangkapan layar Mozilla Firefox
Tangkapan layar Mozilla Firefox
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Di penghujung tahun ini browser Mozilla telah merilis Firefox versi 84 di ketiga platform desktop. Salah satu fitur terbaru versi ini adalah ia menambahkan dukungan untuk Apple Silicon pada versi macOS.

Dimulai dengan versi 84, versi macOS Firefox sekarang akan secara native mendukung Intel x86 dan prosesor Apple Silicon berbasis ARM seperti yang tersemat pada iPhone 12 maupun iPad Pro yang menggunakan chipset Bionic, termasuk chipset M1 pada jajaran Macbook saat ini dan semua model masa depan.

Dilansir dari GSMArena, Kamis (17/12/2020), versi sebelumnya masih berfungsi pada mesin yang lebih baru ini, dan akan berjalan di bawah emulasi melalui Rosetta sedangkan versi 84 berjalan secara native.

Berjalan secara native berarti dapat memanfaatkan sepenuhnya kinerja arsitektur baru dan kekuatan pemrosesan chip M1. Mozilla mengklaim versi 84 diluncurkan lebih dari 2,5x lebih cepat dan aplikasi web 2x lebih responsif dibandingkan dengan versi 83.

Proses pembaruan sama seperti sebelumnya. Buka Menu> Bantuan> Tentang Firefox dan Anda akan melihat opsi untuk memperbarui ke versi 84. Setelah selesai, restart browser dan itu harus diperbarui.

Untuk mengonfirmasi apakah Anda menggunakan build ARM asli, ketik about: support di bilah alamat dan Anda akan melihat saran di bawah yang mengatakan Rosetta Diterjemahkan sebagai false. Anda juga dapat memeriksa Monitor Aktivitas untuk melihat apakah program tersebut muncul sebagai 'Apple' atau 'Intel' di bawah tab Arsitektur.

Bagi pengguna Mac untuk prosesor Apple Silicon, setelah memperbarui Mozilla 84 ini maka Anda perlu untuk buka menu Firefox di bagian atas layar lalu pilih keluar Firefox. Ketika membukanya kembali, Anda akan berada di aksitektur baru. dikutip dari Mozilla, Kamis (17/12/2020).

Adapun perubahan lain di versi 84, ini juga mencakup WebRender untuk macOS, perangkat Windows dengan GPU Intel Gen 6, dan notebook Intel yang menjalankan Windows 7 dan 8.

Selain itu, ada pipeline rendering yang dipercepat untuk pengguna Linux / GNOME / X11 bersama dengan yang lebih modern. teknik untuk mengalokasikan memori bersama di Linux, meningkatkan kinerja dan meningkatkan kompatibilitas dengan Docker.

Mozilla juga mengatakan bahwa Firefox versi 84 akan menjadi yang terakhir yang menyertakan dukungan untuk Adobe Flash. Mozilla menjadi browser ketiga setelah Safari dan Chrome yang mengoptimalkan pengguna Apple Silicon.

Pada situsnya, Mozilla membandingkan keunggulannya dengan tiga browser lain. Jika dibandingkan dengan Chrome, browser versi ini unggul dalam pemblokiran cookie pihak ketiga secara default, dan juga memblokir pelacak sosial, dan memiliki kata sandi utama.

Sementara itu jika dibandingkan dengan Edge, browser ini unggul pada pemblokiran otomatis dan ketersediaan OS. Jika dibandingkan dengan Safari, maka akan unggul pada ketersediaan OS, alat tangkapan layar dalam browser, dan kata sandi utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper