Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Kemampuan iPhoneography via ProRAW di iPhone 12

Keuntungan besar ProRAW adalah gambar yang dipotret tidak dikompresi dan mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari sensor ke foto yang disimpan. Artinya saat melakukan pengeditan menjadi lebih fleksibel.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 16 Desember 2020  |  09:59 WIB
Tangkapan layar Apple.com
Tangkapan layar Apple.com

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang tengah menunggu kehadiran iPhone 12 Pro maupun 12 Pro Max di genggaman Anda, ada kabar menarik lain mengenai keunggulannya yaitu format foto RAW yang disebut ProRAW.

ProRaw hadir pada pembaharuan sistem operasi iOS 14.3 yang baru saja diluncurkan. Format baru ini menghadirkan manfaat tradisional pengambilan gambar RAW, tetapi juga mencakup pemrosesan gambar iPhone, seperti dikutip 9to5Mac pada Rabu (16/12/2020).

Apple ProRAW pada iPhone 12 menggunakan format file DNG universal. Dimana Apple mengatakan bahwa sebagian besar gambar ProRAW yang diambil pada iPhone 12 Pro berukuran sekitar 25MB yang berukuran kira-kira 10x lebih besar dari HEIF/JPG, dan bahkan mencapai 40MB.

Keuntungan besar ProRAW adalah gambar yang dipotret tidak dikompresi dan mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari sensor ke foto yang disimpan. Artinya saat melakukan pengeditan menjadi lebih fleksibel.

Berkaitan dengan itu dukungan warna pada iPhone ini adalah 12-bit dibandingkan teknologi yang lalu dengan 8-bit. Tidak terdengar seperti perbedaan besar tetapi sebenarnya merupakan lompatan dari 256 warna RGB menjadi 4.096 besar.

Namun seiring dengan semua kualitas itu, Anda masih mendapatkan pemrosesan foto komputasi Apple yang mengesankan.

Bagian terbaiknya adalah Anda dapat menggunakan ProRAW dengan kamera iPhone 12 Pro/Pro Max apa pun serta menggunakannya dengan Smart HDR, Deep Fusion, dan mode Malam. Dan Anda dapat memotret/mengedit gambar ProRAW di aplikasi Kamera/Foto Apple serta aplikasi pihak ketiga seperti Halide.

Namun Anda tidak dapat menggunakan ProRAW dengan Live Photos, mode Potret, atau dengan video. Berikut dijelaskan cara menggunakan ProRAW di kamera iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Mengaktifkan ProRAW di iPhone 12 Pro / Pro Max Anda:
- Buka Pengaturan
- Geser ke bawah dan tap Kamera
- Pilih Format di bagian atas
- Beralih ke Apple ProRAW

Di aplikasi Kamera:
- Di aplikasi Kamera iPhone default Anda sekarang akan melihat ikon RAW di sudut kanan atas (kiri atas dalam mode lanskap)
- Ketuk RAW untuk mengaktifkannya pada foto, garis diagonal akan hilang saat diaktifkan
- Setelah mengambil foto dengan ProRAW, Anda akan melihat label RAW di pojok kiri atas aplikasi Foto saat melihat gambar Anda
- Anda bisa mengetuk Edit di iPhone untuk segera bekerja dengan gambar ProRAW
- Untuk menyelaraskan foto ProRAW di semua perangkat Anda, Apple mencatat bahwa Anda harus menggunakan Foto iCloud
- Jika Anda mulai memotret banyak gambar ProRAW, Anda mungkin perlu meningkatkan paket penyimpanan iCloud Anda (Pengaturan> Ketuk nama Anda> iCloud> Kelola Penyimpanan)

Beberapa tips mengedit ProRAW:
- Anda dapat mengedit gambar ProRAW yang diambil dengan iPhone 12 Pro dan Pro Max di iPhone dan iPad dengan iOS/iPadOS 14.3
- Anda dapat mengedit ProRAW di Mac mulai dengan macOS Big Sur 11.1
- Jika Anda siap untuk pengeditan lanjutan, banyak yang suka menggunakan Adobe's Lightroom atau RAW Power
- Dan Halide adalah pilihan iPhone teratas untuk kontrol yang lebih canggih untuk pengambilan gambar dengan ProRAW dan pengeditan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fotografi iphone 12
Editor : Lukas Hendra TM

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top