Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desember 2020, Ada Hujan Meteor Hingga Penampakan 4 Planet

Pada malam 13-14 Desember, puing-puing yang terkait dengan asteroid 3200 Phaethon akan menabrak Bumi dan menghasilkan ratusan bintang jatuh atau hujan meteor Geminids. Sebelum itu terjadi, Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat planet paling terang yakni Venus.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  11:06 WIB
Ilustrasi / mashable.com
Ilustrasi / mashable.com

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena astronomi akan terlihat kembali di penghujung tahun 2020. Masyarakat di Bumi bisa menyaksikan langsung empat planet cerah dan salah satu hujan meteor terbaik tahun ini.

Melansir Express UK, Rabu (2/11/2020), pada malam 13-14 Desember, puing-puing yang terkait dengan asteroid 3200 Phaethon akan menabrak Bumi dan menghasilkan ratusan bintang jatuh atau hujan meteor Geminids. Sebelum itu terjadi, Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat planet paling terang yakni Venus.

Secara terperinci, planet paling terang di tata surya itu akan terlihat selama sisa bulan ini sebagai Bintang Kejora. Pada waktu yang berbeda dalam setahun, Venus muncul di sekitar matahari terbit atau terbenam.

Pada awal Desember, Venus akan terbit sekitar dua setengah jam sebelum Matahari, meskipun ini akan semakin pendek seiring berjalannya bulan. Setelah Matahari dan Bulan, Venus adalah objek paling terang ketiga yang terlihat dari Bumi berkat atmosfernya yang tebal dan sangat reflektif.

Sementara pada malam 13 Desember hingga 14 Desember, hujan meteor Geminid akan mencapai puncaknya dengan lebih dari 100 meteor. Keesokan paginya, Bulan akan melintas tepat di depan Matahari sehingga terjadi gerhana matahari total.

Gerhana 14 Desember akan melewati sebagian Amerika Selatan, Afrika barat daya, dan Antartika. "Jika bukan karena pandemi saat ini, saya akan pergi ke Amerika Selatan untuk melihat gerhana Matahari total," ujar Pakar bulan NASA, Gordon Johnston.

Tak hanya itu, planet terbesar di tata surya kita, Jupiter dan Saturnus sedang menuju konjungsi besar akhir bulan ini. Pada 21 Desember, raksasa gas akan tampak bertemu di kubah angkasa, semakin dekat daripada yang mereka miliki selama berabad-abad.

Konjungsi seperti ini hanya terjadi sekali setiap 20 tahun atau lebih, jadi ini adalah salah satu momentum yang tidak ingin Anda lewatkan, bukan?

Menurut astronom EarthSky Deborah Byrd dan Bruce McClure, konjungsi besar Jupiter-Saturnus terakhir jatuh pada 28 Mei 2000. "Perhatikan planet-planet ini untuk semakin dekat satu sama lain selama tiga minggu pertama bulan Desember 2020," tuturnya.

Untuk melihatnya, gunakan teleskop atau teropong bintang. Cari planet-planet segera setelah matahari terbenam karena planet tersebut akan berada pada titik tertinggi sekitar senja dan malam hari.

Di belahan bumi utara, carilah Jupiter di langit selatan ke barat daya. Sementara Saturnus akan muncul di dekat raksasa gas seperti bintang yang sangat terang. Alat daring seperti Stellarium dapat membantu Anda menemukan kedua planet di kubah langit dari lokasi spesifik Anda.

Planet terakhir yang bisa Anda lihat pada bulan ini adalah Mars. Planet Merah ini akan muncul di langit tenggara, bergerak ke arah barat. Anda harus bisa melihat planet ini sampai lewat tengah malam. Perhatikan karakteristik cahaya kemerahan.

Pada Oktober, Mars mencapai oposisi terhadap Bumi dan berada pada titik paling terang, yang berarti sekarang perlahan-lahan meredup. "Meski begitu, Mars tetap cerah dan indah sepanjang Desember. Biarkan bulan membantu mengarahkan mata Anda ke Mars selama beberapa malam yang berpusat pada atau mendekati tanggal 23 Desember," sebut para astronom EarthSky.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

meteor planet
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top