Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Fokus Perkuat Infrastruktur Telekomunikasi

Teknologi digital tidak hanya digunakan untuk meningkatkan produktivitas melainkan juga mendorong inklusivitas dan mempromosikan inovasi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  11:22 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat tiba di Ruang Rapat Paripurna I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah fokus dalam mendorong transformasi digital. Segala upaya, termasuk melalui UU Cipta Kerja, dilakukan agar seluruh lapisan di Indonesia dapat mengadopsi digital lebih cepat.  

Menteri Kordinator Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan pemanfaatan teknologi menjadi hal yang tidak dapat dihindari di tengah pandemi Covid-19, yang telah berjalan sekitar 9 bulan sejak kasus pertama di Indonesia.

Teknologi digital tidak hanya digunakan untuk meningkatkan produktivitas melainkan juga mendorong inklusivitas dan mempromosikan inovasi.

“Untuk mendukung program ini ketersediaan infrastruktur digital dan isu pengelolaan data yang terintegrasi serta perlindungan data menjadi hal yang krusial,” kata Airlangga dalam acara Microsoft Cloud Innovation Summit 2020, Selasa (1/12/2020).

Presiden Joko Widodo, kata Airlangga, telah memberikan arahan terkait trasformasi digital di Indonesia yakni perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital, penyiapan peta jalan di beberapa sektor strategis, percepatan pusat data internasional, dan penyiapan digital talenta serta persiapan regulasi.

Dia mengatakan dalam 3 tahun ke depan pemerintah akan fokus mempersiapkan infrastruktur digital sekaligus mendorong peningkatan pemahaman literasi digital bagi dunia usaha.

Pemerintah juga mengambil beberapa kebijakan baru dalam mempercepat pembangunan infrastruktur digital melalui UU Cipta Kerja.

“[Percepatan lewat Cipta Kerja] antara lain penggunaan kerja sama spektrum frekuensi radio untuk penerapan teknologi baru, infrastruktur sharing, dan migrasi sistem penyiaran analog ke digital,” kata Airlangga.

Airlangga menyampaikan bahwa sejumlah kebijakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan spektrum radio sebagai sumber yang terbatas, efektivitas investasi melalui pemanfaatan infratruktur bersama, dan lain sebagainya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

digitalisasi Covid-19 cipta kerja
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top