Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mubazir! Fitur iPhone 12 Termahal Gak Ada Faedahnya di Indonesia

iPhone 12 hadir dengan empat varian yang dilengkapi dengan teknologi terbaru dan juga canggih, yaitu jaringan 5G. Namun, fitur ini belum bisa digunakan di Indonesia.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 30 November 2020  |  18:44 WIB
Foto iPhone 12 yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg
Foto iPhone 12 yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Para pecinta ponsel Apple atau iPhone pasti telah menantikan produk terbaru, yaitu iPhone 12 dijual di pasar Indonesia. 

iPhone 12 hadir dengan empat varian yang dilengkapi dengan teknologi terbaru dan juga canggih. Salah satunya terhubung dengan jaringan 5G, seperi dikutip pada situs Apple Senin (30/11/2020). 

Sayangnya, fitur jaringan 5G yang dibanggakan oleh Apple justru tidak bisa digunakan di Indonesia. Pasalnya, pemerintah belum merampungkan lelang frekuensi 2,3 GHz atau teknologi 5G di jaringan telekomunikasi Tanah Air. 

Padahal. ada banyak kelebihan dan layanan yang dirasakan oleh konsumen apabila fitur 5G sudah diaktifkan. Dengan adanya jaringan 5G, ada beberapa fungsi iPhone 12 yang bisa dioptimalkan, misalnya masa pakai baterai dan penggunaan data berdasarkan paket data. 

Jika pengguna telah mengaktifkan fitur 5G, pemakaian data dapat dioptimalisasi untuk aplikasi dan tugas sistem. Meski demikian, Apple mengatakan pengaturan 5G ini akan banyak menelan data seluler milik pengguna. 

"Ini termasuk FaceTime berkualitas lebih tinggi, konten definisi tinggi di Apple TV, lagu dan video Apple Music, dan pembaruan iOS melalui seluler," tulis Apple dalam situs resmi seperti dikutip Bisnis, Senin (30/11/2020). 

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan lelang frekuensi 2,3 GHz akan digelar paling lambat akhir 2020. Lelang hanya dilakukan pada tujuh zona sisanya, dengan masing-masing zona wilayah yang memiliki slot sebesar 30 MHz yang akan berpotensi menyediakan layanan 5G.

Jika proyek ini rampung dilaksanakan, maka penggunaan fitur 5G di iPhone 12 bisa dioptimalkan. 

Seperti diketahui, keempat varian iPhone 12 yang sudah diluncurkan, diantaranya iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max dapat terhubung dengan 5G di pita frekuensi 700 MHz, 2,6 GHz, 28 GHz dan 2,3 GHz. Frekuensi ini masuk dalam tahap lelang di Indonesia. 

Berdasarkan keterangan pendiri dan pemerhati gawai dari komunitas Gadtorade Lucky Sebastian, Indonesia masih butuh waktu dan proses yang cukup panjang hingga jaringan 5G ini bisa dinikmati. 

"Kemungkinan pada 2022 untuk Indonesia [ponsel 5G mulai ramai]. Sisi baiknya, saat nanti Indonesia siap dengan jaringan generasi kelima ini, para vendor sudah memiliki tipe telepon pintar atau smartphone yang lebih terjangkau dengan kemampuan 5G," ungkap Lucky dikutip Senin (30/11/2020). 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple teknologi 5G iphone 12 Harga iPhone 12
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top