Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengintip Keunggulan Color OS 11, UI Terbaru Andalan OPPO

Sebagian besar pabrikan terus berlomba mengembangkan UI dengan berbagai fitur unggulan yang ekslusif dan mampu mengoptimalkan kinerja ponsel.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 November 2020  |  08:17 WIB
Oppo Color OS 11
Oppo Color OS 11

Bisnis.com, JAKARTA - Selain spesifikasi perangkat keras yang digunakan, antarmuka pengguna (user interface/UI) ikut menjadi pertimbangan ketika akan membeli ponsel pintar berbasis Android.

Oleh karena itu, sebagian besar pabrikan terus berlomba mengembangkan UI dengan berbagai fitur unggulan yang ekslusif dan mampu mengoptimalkan kinerja ponsel.

Salah satu pabrikan yang tak pernah absen dalam perlombaan tersebut adalah OPPO. Lewat ColorOS yang kini sudah memasuki generasi ke-11, pabrikan asal China itu terus berupaya menghadirkan pengalaman menggunakan ponsel Android yang berbeda lewat sejumlah fitur unggulannya.

Menurut Public Relations Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto, ColorOS 11 menghadirkan sejumlah fitur unggulan yang tidak ditemukan di UI pabrikan lain atau Android murni (Stock). Salah satunya adalah Three-finger Translate yang merupakan buah kerjasama OPPO dan Google.

“Three-finger Translate, memungkinkan pengguna untuk memindai gambar atau potongan teks hanya dengan gesekan tiga jari, dan langsung menerima terjemahan otomatis dengan memanfaatkan Google Lens dan kemampuan terjemahannya,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

ColorOS 11 juga memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan kustomisasi sesuai keinginan. Pengguna dapat menyesuaikan gaya Dark Mode, Color schemes, Ringtone, bentuk huruf (fonts), dan Always on Display (AOD). Terdapat pula OPPO Relax 2.0 yang memungkinkan penggunanya untuk membuat kombinasi suara yang menyamarkan kebisingan di lingkungan sekitar (white noise).

Bagi penggemar gim, terdapat pula fitur Immersive Mode yang membantu mereka untuk fokus pada permainan dengan memblokir panggilan, pesan dan pemberitahuan, dan membatasi gerakan untuk menghindari salah sentuh.

Lebih lanjut, Aryo menuturkan fitur tersebut juga didukung oleh HyperBoost 3.0 yang dapat memprediksi skenario gim untuk mengindari performa buruk saat bermain gim.  Secara otomatis, HyperBoost 3.0 akan mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke game saat diperlukan dan meningkatkan stabilitas frame rate sebesar 38%.

“Pemain dapat merasakan respons sentuhan yang lebih cepat dari sebelumnya dan latensi sentuh lebih rendah dengan klik dan gerakan. Kecepatan respons sentuhan meningkat 16,2%. Dalam game tembak-menembak seperti PUBG Mobile, ini sangat meningkatkan kecepatan dan akurasi saat menggerakkan bidikan,” tuturnya.

Kemudian untuk penggunaan aplikasi, termasuk gim menurut Aryo ColorOS 11 juga didukung oleh AI App Preloading yang mempelajari perilaku pengguna dan melakukan pramuat aplikasi yang paling sering digunakan. Dia mengklaim fitur berbasis kecerdasan buatan itu mampu meningkatkan kecepatan rata-rata aplikasi sebesar 23,63%.

Penggunaan kecerdasan buatan juga dilakukan untuk mengurangi konsumsi daya dan menangani masalah panas berlebih pada perangkat lewat AI Governor baru. Berdasarkan data OPPO Lab, rata-rata terdapat 0,8 derajat yang dioptimalkan oleh ColorOS 11 dalam hal masalah panas berlebih.

Terakhir berkaitan dengan keamanan pengguna, Aryo menyebut Color OS 11 tidak hanya menghadirkan semua keamanan terbaik yang disediakan oleh Android 11 seperti Auto Reset Permissions dan Scoped Storage. UI tersebut membawa sejumlah fitur keamanan tambahan diantaranya Private System, App Lock, Permission Management, dan Payment Protection.

“OPPO juga menggunakan teknologi enkripsi khusus untuk memastikan setiap data pengguna dienkripsi dan aman dalam penyimpanan dan pemrosesan, yang disertifikasi,” tegasnya.

Pembaruan ColorOS 11 akan mencakup lebih dari 30 model ponsel OPPO, mencakup seri Find, Reno, F, dan A. Sejauh ini, ponsel yang sudah mendapatkan pembaruan antara lain adalah Find X2, Find X2 Pro, Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition, Reno3, Reno3 Pro, dan Reno4.

“Kebijakan kami untuk pembaruan perangkat lunak adalah menjamin setidaknya dua versi Android terbaru untuk setiap perangkat, termasuk model spesifikasi minimum,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget oppo
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top