Ponsel China Kuasai Pasar Indonesia pada Q3/2020, Merek Apa Aja?

Akbar Evandio
Selasa, 10 November 2020 | 10:53 WIB
Model menunjukan handphone OPPO Reno3 saat unboxing seri Reno3 di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Model menunjukan handphone OPPO Reno3 saat unboxing seri Reno3 di Jakarta, Senin (16/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan riset pasar bisnis elektronik, Canalys merilis data yang menunjukkan performa produsen ponsel utama di pasar Indonesia pada kuartal III/2020.

Dilansir melalui Gizmochina, Oppo disebutkan menguasai 24 persen pangsa pasar Tanah Air dengan pertumbuhan minus 4 persen dibandingkan tahun lalu dan disusul oleh Vivo yang menduduki peringkat dengan perolehan yang sama, yakni 24 persen dengan pertumbuhan 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini mengartikan bahwa untuk kuartal III/2020 vendor asal China kembali mendominasi pasar di Tanah Air. Pasalnya, Xiaomi turut berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 17 persen dengan angka pertumbuhan minus 27 persen dari 2019.

Adapun, pada posisi keempat raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung meraih 15 persen pangsa pasar Tanah Air dengan pertumbuhan minus 34 persen.

Selanjutnya, ponsel pintar dari China, Realme menduduki peringkat kelima depan menguasai 14 persen pasar. Kemudian, mereka mengalami pertumbuhan positif di angka 15 persen.

Menurut catatan Bisnis.com, laporan firma riset Counterpoint menyebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu pasar ponsel yang didominasi oleh merek ponsel pintar asal China pada kuartal II/2020.

Hasil riset Counterpoint menunjukkan bahwa vendor ponsel pintar asal China menguasai sekitar 73,3 persen dari total pengiriman (shipment) di Indonesia. Dari lima besar vendor smartphone di Indonesia, empat di antaranya adalah vendor ponsel China.

Bahkan, dua teratas pengapalan smartphone pada kuartal II/2020 dikuasai Vivo yang memperoleh 21,2 persen pasar dan Oppo, menggeser posisi yang selama ini dipegang vendor Korea Selatan, Samsung dengan menguasai 20,6 pangsa pasar.

Vivo mengalami peningkatan pangsa pasar yang signifikan dari 7,8 persen menjadi 21,2 persen pada kuartal II/2020. Sementara Samsung yang berada di posisi ketiga justru mengalami penurunan dibandingkan pada kuartal yang sama tahun lalu, yakni dari 27 persen menjadi 19,6 persen.

Selanjutnya, Xiaomi berada di posisi keempat dengan pertumbuhan jumlah pengapalan smartphone hingga 17,9 persen.

Adapun, Realme turut menempati posisi kelima dengan pangsa pasar 13,6 persen yang menunjukan peningkatan dibandingkan periode kuartal II/2019 yang pertumbuhannya hanya mencapai 7,6 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper