Instagram Hadirkan Fitur Pencarian Menggunakan Kata Kunci

Rezha Hadyan
Rabu, 18 November 2020 | 12:21 WIB
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram menghadirkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya melakukan pencarian di platform tersebut menggunakan kata kunci.

Seperti diketahui, selama ini pengguna Instagram hanya bisa melakukan pencarian tagar atau akun.

Melansir The Verge pada Rabu (18/11/2020), fitur tersebut untuk sementara hanya hadir di enam negara berbahasa Inggris, antara lain Inggris, Amerika Serikat (AS), Irlandia, dan Kanada.

Juru bicara Instagram mengatakan pihaknya tengah mempertimbangkan sejumlah faktor, termasuk jenis konten, keterangan, kapan diunggah, dan lebih banyak lagi untuk memunculkan hasil pencarian yang relevan menggunakan kata kunci.

Selain itu, untuk memunculkan hasil pencarian yang sesuai, fitur tersebut juga menggunakan pembelajaran mesin atau machine learning berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Walaupun demikian, Instagram menyatakan bahwa tidak semua istilah dapat dicari menggunakan kata kunci. Pencarian hanya terbatas pada topik umum dan kata kunci yang ada dalam pedoman komunitas Instagram.

Berdasarkan penelusuran The Verge, untuk menggunakan fitur pencarian menggunakan kata kunci, pengguna di enam negara itu harus melakukan pembaruan terlebih dahulu.

Sejauh ini, kata kunci "vaksin", "QAnon", atau bahkan "Trump" atau "Biden," tidak dapat ditemukan. Namun, kata kunci "anak anjing", "pasta" atau "bunga," dapat ditelusuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper