Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa yang Membuat Merek Dompet Digital Dilirik Masyarakat?

Ipsos Indonesia menggunakan skala 1 – 10 dalam survei, dengan nilai 1 untuk sangat tidak puas dan nilai 10 untuk sangat puas.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 November 2020  |  17:25 WIB
Ilustrasi belanja online - Antara
Ilustrasi belanja online - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan market research, Ipsos Indonesia, membeberkan sejumlah poin untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu merek dompet digital.

Dalam surveinya yang melibatkan 1.000 responden dan dilakukan pada 16-23 Oktober 2020, variabel yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna adalah kemudahan penggunaan, kemudahan isi saldo/top up, real time, tawaran promosi, dan banyaknya merchant offline ataupun online.

Dilansir dari Antara, Rabu (4/11/2020), hasil survei menunjukkan ShopeePay memiliki tingkat kepuasan sebanyak 82 persen, diikuti OVO 77 persen, GoPay 71 persen, DANA 69 persen, dan Link Aja 67 persen.

Ipsos Indonesia menggunakan skala 1 – 10 dalam survei, dengan nilai 1 untuk sangat tidak puas dan nilai 10 untuk sangat puas. Berikut ini rinciannya:

1. Kemudahan Penggunaan

Seperti fungsinya untuk membantu pengguna dalam transaksi pembayaran, maka sangat penting bagi pengguna untuk memilih aplikasi dompet digital yang mudah digunakan atau user friendly. 

Berdasarkan hasil survei, ShopeePay dikategorikan mudah digunakan dengan persentase 85 persen, OVO 80 persen, GoPay 79 persen, DANA 77 persen, dan Link Aja 74 persen.

2. Kemudahan Top Up

Selain gampang digunakan, kemudahan isi ulang saldo juga penting bagi pengguna. Berdasarkan pengalaman responden, mereka mengakui ShopeePay paling memberikan kemudahan dengan presentasi 84 persen, GoPay 77 persen, DANA 76 persen, OVO 75 persen, dan Link Aja 72 persen.

Selain itu, pada hasil survei juga diketahui bahwa frekuensi pengguna ShopeePay melakukan isi ulang saldo umumnya 2 kali setiap bulan, dengan rata-rata Rp275.000 untuk setiap isi ulang saldo.

3. Real Time

Ketika pengguna melakukan pengisian saldo ke dalam akun, ada jeda waktu antara top up dan nilai pada aplikasi dompet digital.

Dalam variabel itu, ShopeePay memiliki presentase 81 persen, OVO 80 persen, DANA 78 persen, GoPay 77 persen, dan Link Aja 73 persen.

4. Promo

Promosi menjadi umpan yang sangat baik untuk memancing pengguna bertransaksi dengan dompet digital. Dalam survei itu, ShopeePay menawarkan promosi dengan presentasi 79 persen, OVO 70 persen, GoPay 66 persen, DANA 60 persen dan Link Aja 56 persen.

Berdasarkan hasil survei secara keseluruhan, ShopeePay memiliki pengguna setia 28 persen. Capaian ini bersaing ketat dengan OVO 27 persen, GoPay 20 persen, DANA 15 persen, dan LinkAja 9 persen.

"ShopeePay dan OVO adalah dua merek dompet digital yang paling direkomendasikan oleh pengguna, baik kepada teman, kerabat, maupun keluarga,” kata Andi Sukma, Group SL Leader for Customer Experience, Channel Performance, and Observer, Ipsos Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

shopee dompet digital

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top