Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dia Jawara Dompet Digital di Indonesia, Ada ShopeePay hingga OVO

ShopeePay masih memimpin pasar dompet digital dengan jumlah pangsa pasar, nilai transaksi, dan penetrasi paling besar di Indonesia selama pandemi Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 November 2020  |  16:55 WIB
Peta Penggunaan E/Wallet (HO/IPSOS)
Peta Penggunaan E/Wallet (HO/IPSOS)

Bisnis.com, JAKARTA – Shopee Pay menjadi pilihan utama dompet digital bagi masyarakat Indonesia, baik dari sisi penetrasi, pangsa pasar, hingga nilai transaksi selama 3 bulan ke belakang.

Temuan tersebut didasarkan atas hasil survei Ipsos Indonesia terkait penggunaan dompet digital di Tanah Air selama pandemi Covid-19.

"Sejak dua tahun lalu, Ipsos sudah melihat adanya tren penggunaan aplikasi e-wallet atau dompet digital di Indonesia. Hal ini selaras dengan Ipsos Marketing Summit ‘Indonesia Next Cashless Society’ yang kami adakan pada bulan Januari 2020," kata Managing Director Ipsos Indonesia Soeprapto Tan, dilansir dari Antara, Rabu (4/11/2020).

Hasil riset Ipsos menunjukkan ShopeePay berada di urutan pertama dengan 48 persen dari total pengguna dompet digital di Indonesia. Setelah itu, Ovo menyusul dengan porsi 46 persen, GoPay 35 persen, DANA 26 persen, dan LinkAja 16 persen.

Berdasarkan nilai transaksi, ShopeePay juga mencatatkan transaksi tertinggi dalam tiga bulan yakni 29 persen dari total nilai transaksi e-wallet di Indonesia. Kemudian ada OVO  dengan nilai transaksi 27 persen, GoPay 22 persen, DANA 14 persen, dan LinkAja 7 persen.

Dari pangsa pasar nilai transaksi, ShopeePay masih menjadi merek dompet digital yang mencatatkan pangsa pasar nilai transaksi terbesar.

Jika dirinci, ShopeePay memiliki pangsa pasar 32 persen dari total nilai transaksi dompet digital di Indonesia, disusul oleh OVO 25 persen, GoPay 21 persen, DANA 14 persen, dan LinkAja 8 persen.

Adapun pada jenis penggunaan dompet digital, ShopeePay lebih banyak digunakan untuk pembayaran e-commerce.

GoPay lebih banyak digunakan untuk belanja di toko dan belanja di restoran melalui aplikasi transportasi online, serta transaksi aplikasi transportasi online itu sendiri.

Untuk Ovo, pengguna lebih sering menggunakan untuk belanja di restoran secara langsung, sedangkan DANA lebih sering digunakan untuk belanja di mal secara langsung, membayar tagihan, dan belanja di toko secara langsung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp fintech shopee
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top