Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

'Pesawat UFO Putih' Tertangkap Kamera

Beberapa uji coba vaksin COVID-19 sekarang dalam tahap yang paling akhir (fase 3), tetapi apa artinya sebenarnya ketika vaksin dinyatakan "efektif"?
Fransisco Primus Hernata
Fransisco Primus Hernata - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  19:12 WIB
Ilustrasi foto UFO putih
Ilustrasi foto UFO putih

Bisnis.com, JAKARTA - 'Pesawat UFO putih' tampak melayang di atas puncak El Chaltén di Argentina selatan.

Saat angin menerpa awan di dekatnya, pesawat berbentuk piring putih itu tetap kokoh di atas puncak terjal, berlabuh di langit seperti kapal induk yang mengamati perbukitan di bawahnya.

Tapi itu bukan alien, namun hanya "awan UFO" yang lebih dikenal di kalangan meteorologi sebagai awan lentikular berdiri.

Fenomena cuaca yang menakutkan ini relatif umum terjadi di daerah pegunungan seperti El Chaltén, atau Pegunungan Rocky di A.S., di mana angin berkecepatan tinggi memantul di atas puncak yang tinggi, menciptakan formasi awan berbentuk lensa atau piring yang berbeda tinggi di langit. Namun, fotografer Francisco Javier Negroni Rodriguez yang fotonya menjadi finalis dalam kontes Fotografer Cuaca Tahun Ini dari Royal Meteorological Society (RMS) - harus menunggu saat yang tepat untuk mengabadikan awan dalam kemuliaan misteriusnya.

"Satu jam sebelum mengambil foto ini saya berjalan di sepanjang jalan yang mengelilingi formasi batuan yang indah ... [tetapi] hari itu sangat mendung. Rupanya, keberuntungan tidak bersama saya dalam petualangan ini," kata Negroni Rodriguez dikutip dari livescience.

"Hanya sesaat, awan memungkinkan saya untuk melihat El Chaltén dan yang mengejutkan saya, ada awan lentikular yang spektakuler dan cemerlang dengan sosok yang indah dan sempurna yang belum pernah saya lihat."

Jenis awan ini terbentuk ketika angin kencang bertiup ke sisi gunung, gedung pencakar langit, atau halangan tinggi lainnya, menurut National Weather Service.

Gunung membelokkan angin, memaksanya menjadi gelombang yang memuncak di atas puncak gunung, menukik ke bawah di sisi lain, lalu naik lagi. Di bagian gelombang yang bergerak ke atas, udara mendingin hingga mengembun menjadi awan. Ketika udara turun lagi di sisi gelombang yang bergerak ke bawah, awan menguap. Hasilnya adalah awan diam dan menyeramkan yang bertengger di puncak gelombang, terpahat menjadi bentuk piring oleh angin yang terus naik dan turun di dalamnya.

Foto Negroni Rodriguez bergabung dengan 25 finalis lainnya dalam kontes RMS, yang disponsori bersama oleh AccuWeather. Meskipun alien cloud bukan salah satu dari tiga pemenang hadiah utama yang diumumkan pada 17 Oktober lalu, namun hasil bidikannya cukup fenomenal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fotografi ufo elektronk Virus Corona Vaksin Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top