Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meteor Melintasi Timur Laut Meksiko, Brasil dan Prancis

Menurut Lembaga Monitor Atmosfer Global (Global Atmospheric Monitoring Agency) bagian dari Mexico's Institute of Geological and Atmospheric Research, meteor terlihat cukup jelas di langit negara bagian Nuevo León, Coahuila dan Tamaulipas.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  11:17 WIB
Ilustrasi / mashable.com
Ilustrasi / mashable.com

Bisnis.com, JAKARTA - Para pengamat langit wilayah Timur Laut Meksiko terkejut menyaksikan bola api yang terang Selasa (6/10/2020) sekitar pukul 10.14 malam waktu setempat dikutip dari newsweek.com.

Menurut Lembaga Monitor Atmosfer Global (Global Atmospheric Monitoring Agency) bagian dari Mexico's Institute of Geological and Atmospheric Research, meteor terlihat cukup jelas di langit negara bagian Nuevo León, Coahuila dan Tamaulipas.

Meteor ini terlihat jelas bahkan sempat terekam dengan kamera CCTV, webcams, bahkan kamera bel pintu di kota Monterrey, Meksiko dengan populasi 1,1 juta penduduk.

Kejadian ini bisa melalui rekaman video berdurasi enam detik di twitter Webcams de México.

Meteor adalah lintasan cahaya terang yang terjadi dilangit akibat pecahan meteoroid masuk ke atmosfer bumi. Dikutip dari earthsky.org kejadian hujan meteor ini secara keseluruhan di bumi biasa terjadi. Namun peristiwa yang tampak kasat mata akan menjadi pengalaman seumur hidup yang jarang terjadi.

Sebelumnya hujan meteor terekam pada 30 September di Prancis dan beberapa jam kemudian 1 Oktober juga terjadi di Brasil. Dilansir melalui Organisasi Meteor Internasional (IMO), dua bola api lebih terang dari bulan purnama terekam di dua belahan bumi.

Meteor bersinar melintasi Brasil pada 1 Oktober yang terjadi pukul 04.08 dini hari waktu universal (UT) dapat disaksikan melalui akun Youtube Bramon Brazilian Meteor Observation Network (BRAMON). Menurut BRAMON dilansir dari express.co.uk kecepatan meteor di Brazil ini adalah 61.000 km per jam.

Beberapa jam sebelumnya 30 September pukul 21.07 UT, Fireball Recovery and InterPlanetary Observation Network (FRIPON) dikutip melalui IMO merekam pergerakan meteor yang melitasi Perancis masuk ke atmosfer bumi dengan kecepatan 19,5 km per detik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

meteor meksiko
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top