Meteor Melintasi Timur Laut Meksiko, Brasil dan Prancis

Ika Fatma Ramadhansari
Jumat, 9 Oktober 2020 | 11:17 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para pengamat langit wilayah Timur Laut Meksiko terkejut menyaksikan bola api yang terang Selasa (6/10/2020) sekitar pukul 10.14 malam waktu setempat dikutip dari newsweek.com.

Menurut Lembaga Monitor Atmosfer Global (Global Atmospheric Monitoring Agency) bagian dari Mexico's Institute of Geological and Atmospheric Research, meteor terlihat cukup jelas di langit negara bagian Nuevo León, Coahuila dan Tamaulipas.

Meteor ini terlihat jelas bahkan sempat terekam dengan kamera CCTV, webcams, bahkan kamera bel pintu di kota Monterrey, Meksiko dengan populasi 1,1 juta penduduk.

Kejadian ini bisa melalui rekaman video berdurasi enam detik di twitter Webcams de México.

Meteor adalah lintasan cahaya terang yang terjadi dilangit akibat pecahan meteoroid masuk ke atmosfer bumi. Dikutip dari earthsky.org kejadian hujan meteor ini secara keseluruhan di bumi biasa terjadi. Namun peristiwa yang tampak kasat mata akan menjadi pengalaman seumur hidup yang jarang terjadi.

Sebelumnya hujan meteor terekam pada 30 September di Prancis dan beberapa jam kemudian 1 Oktober juga terjadi di Brasil. Dilansir melalui Organisasi Meteor Internasional (IMO), dua bola api lebih terang dari bulan purnama terekam di dua belahan bumi.

Meteor bersinar melintasi Brasil pada 1 Oktober yang terjadi pukul 04.08 dini hari waktu universal (UT) dapat disaksikan melalui akun Youtube Bramon Brazilian Meteor Observation Network (BRAMON). Menurut BRAMON dilansir dari express.co.uk kecepatan meteor di Brazil ini adalah 61.000 km per jam.

Beberapa jam sebelumnya 30 September pukul 21.07 UT, Fireball Recovery and InterPlanetary Observation Network (FRIPON) dikutip melalui IMO merekam pergerakan meteor yang melitasi Perancis masuk ke atmosfer bumi dengan kecepatan 19,5 km per detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper