Asteroid Ukuran 3 Kali Lipat Bus Tingkat Dekati Bumi Pekan Besok

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 4 Oktober 2020 | 09:59 WIB
Asteroid/Istimewa
Asteroid/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mendekatnya batu luar angkasa atau asteroid ke bumi tampaknya terus terjadi.

Kali ini, sebuah seukuran tiga kali bus tingkat akan mendekat ke planet bumi pada pekan depan, tepatnya pada 8 Oktober 2020.

Asteroid bernama 2020 SX3 itu akan melewati Bumi pada jarak aman, tetapi akan mengayun di orbit planet kita.  Pengamatan menunjukkan asteroid akan berada pada posisi terdekatnya dengan planet kita pada Kamis, 8 Oktober. Asteroid itu kira-kira panjangnya 50 meter, membuatnya hampir tiga kali lebih panjang dari bus tingkat.

Analisis NASA telah mengungkapkan bahwa batuan luar angkasa bergerak dengan kecepatan mengejutkan 10,9 kilometer per detik.

Ini berarti 2020 SX3 akan memperbesar planet kita dengan kecepatan hampir 40.000 kilometer per jam.

Faktanya, pada saat Anda selesai membaca kalimat ini, asteroid tersebut telah menempuh jarak 76 kilometer yang mengejutkan. NASA telah menetapkan asteroid itu sebagai batu luar angkasa Apollo. Asteroid Apollo adalah bebatuan yang melewati bidang orbit perjalanan Bumi mengelilingi Matahari - meskipun biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi kita.

Menurut NASA, asteroid akan terbang pada jarak aman 1,7 juta kilometer, yaitu 4,4 kali jarak antara Bumi dan Bulan. Meskipun demikian, itu cukup dekat untuk dianggap sebagai objek dekat Bumi (NEO).

NASA memantau NEO karena mereka memberikan kesempatan unik untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang sejarah tata surya.

"NEO adalah komet dan asteroid yang telah didorong oleh tarikan gravitasi planet terdekat ke dalam orbit yang memungkinkan mereka memasuki lingkungan Bumi," tulis NASA dikutip dari Express.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper