Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Regulasi Ini Bisa Dorong Pertumbuhan Layanan VoLTE

Layanan Voice Over LTE (VoLTE) diyakini bisa tumbuh maksimal melalui interkoneksi IP secara penuh yang rencananya bakal diterapkan secara penuh pada 2025.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 25 September 2020  |  08:24 WIB
Pemetik teh berkomunikasi menggunakan telepon seluler di kawasan perkebunan Kampung Ciarileu, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/8). - ANTARA/Fahrul Jayadiputra
Pemetik teh berkomunikasi menggunakan telepon seluler di kawasan perkebunan Kampung Ciarileu, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (9/8). - ANTARA/Fahrul Jayadiputra

Bisnis.com, JAKARTA – Hadirnya regulasi mengenai interkoneksi Internet Protocol (IP) diyakini dapat memacu pertumbuhan layanan Voice Over LTE (VoLTE) atau panggilan suara berbasis jaringan internet.

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan interkoneksi IP membantu dalam penyelenggaran layanan VoLTE. Saat Indonesia menerapkan interkoneksi penuh pada 2025, seluruh operator seluler telah beralih ke VoLTE.

“Untuk VoLTE yang lebih bagus, harus ada interkoneksi IP karena itu bukan sirkuit switch biasa maka butuh IP connect,” kata Danny kepada Bisnis.com, Kamis (24/9/2020).

Dia mengusulkan agar peraturan yang sedang dibahas tersebut nantinya juga mengatur mengenai skema bisnis dalam menggelar VoLTE.

Danny menilai saat ini layanan VoLTE masih digelar secara On Net atau sesama pelanggan dengan operator seluler yang sama. Implementasi VoLTE lintas operator seluler belum dilakukan secara masif.

Menurutnya, dengan adanya regulasi mengenai interkoneksi IP, peluang penggelaran layanan VoLTE secara Off Net atau lintas operator diyakini dapat terealisasikan.

“Kita nanti bisa lihat peluang dari berinterkoneksi IP, apakah nantinya jika diimplementasikan [Off Net] dapat memakan pasarnya panggilan WhatsApp. Sekaran Whatsapp menggunakan IP publik, nantinya [IP] VoLTE lebih tertutup dan lebih bagus,” kata Danny.

Adapun mengenai rencana 3 Indonesia yang hingga saat ini belum menggelar layanan VoLTE, kata Danny, perseroan masih menunggu dan melihat permintaan pasar terhadap layanan VoLTE.

Dia berpendapat untuk menggelar layanan VoLTE bukan lah hal yang sulit dan dapat diimplementasikan dengan cepat. 3 Indonesia berhati-hati dalam berinvestasi.

“Kita bisa menggelar VoLTE secara cepat. Masalah demand saja. Kalau kami implementasi namun tidak digunakan juga percuma,” kata Danny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top