4 Tempat di Tata Surya yang Paling Mungkin Dihuni Alien

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 September 2020 | 14:47 WIB
Terra Meridiani  di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA/Reuters
Terra Meridiani di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biosfer bumi mengandung semua bahan yang  diperlukan untuk kehidupan seperti yang kita ketahui.

Secara garis bahan itu adalah: air cair, setidaknya satu sumber energi, dan inventaris elemen dan molekul yang berguna secara biologis.

Tetapi penemuan baru-baru ini tentang kemungkinan fosfin biogenik di awan Venus mengingatkan kita bahwa setidaknya beberapa bahan ini juga ada di tempat lain di tata surya. Jadi di mana lokasi lain yang paling menjanjikan untuk kehidupan di luar bumi?

Berikut empat lokasi itu seperti dikutip dari Livescience.

Mars

4 Tempat di Tata Surya yang Paling Mungkin Dihuni Alien

Mars adalah salah satu dunia paling mirip Bumi di tata surya. Ia memiliki waktu 24,5 jam sehari, lapisan es kutub yang mengembang dan menyusut dengan musim, dan sejumlah besar fitur permukaan yang dibentuk oleh air selama sejarah planet.

Deteksi sebuah danau di bawah lapisan es kutub selatan dan metana di atmosfer Mars (yang bervariasi dengan musim dan bahkan waktu) menjadikan Mars kandidat yang sangat menarik untuk kehidupan. Metana penting karena dapat diproduksi melalui proses biologis. Namun sumber sebenarnya dari metana di Mars belum diketahui.

Ada kemungkinan bahwa kehidupan telah mendapatkan pijakan, mengingat bukti bahwa planet ini pernah memiliki lingkungan yang jauh lebih ramah. Saat ini, Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis dan kering yang hampir seluruhnya terdiri dari karbon dioksida. Ini menawarkan sedikit perlindungan dari radiasi matahari dan kosmik. Jika Mars berhasil mempertahankan sebagian cadangan air di bawah permukaannya, bukan tidak mungkin kehidupan masih ada.

Europa

4 Tempat di Tata Surya yang Paling Mungkin Dihuni Alien

Europa ditemukan oleh Galileo Galilei pada tahun 1610, bersama dengan tiga bulan Jupiter lainnya yang lebih besar. Ini sedikit lebih kecil dari bulan Bumi dan mengorbit raksasa gas pada jarak sekitar 670.000 km setiap 3,5 hari.

Europa terus menerus terjepit dan diregangkan oleh medan gravitasi yang bersaing antara Jupiter dan bulan-bulan Galilea lainnya, sebuah proses yang dikenal sebagai pelenturan pasang surut.

Bulan diyakini sebagai dunia yang aktif secara geologis, seperti Bumi, karena pelenturan pasang surut yang kuat memanaskan interior berbatu dan logamnya dan membuatnya tetap cair sebagian.

Permukaan Europa adalah hamparan es air yang sangat luas. Banyak ilmuwan berpikir bahwa di bawah permukaan yang membeku adalah lapisan air cair lautan global yang terhalang dari pembekuan oleh panas yang melentur dan yang mungkin sedalam lebih dari 100 km.

Bukti untuk samudra ini termasuk geyser yang meletus melalui retakan di permukaan es, medan magnet yang lemah, dan medan kacau di permukaan, yang dapat berubah bentuk oleh arus laut yang berputar di bawahnya. Perisai es ini melindungi lautan di bawah permukaan dari ruang angkasa yang sangat dingin dan vakum, serta sabuk radiasi Jupiter yang ganas.

Di dasar dunia samudra ini dapat dibayangkan bahwa kita mungkin menemukan ventilasi hidrotermal dan gunung berapi dasar samudra. Di Bumi, fitur seperti itu sering kali mendukung ekosistem yang sangat kaya dan beragam.

Enceladus

4 Tempat di Tata Surya yang Paling Mungkin Dihuni Alien

Seperti Europa, Enceladus adalah bulan yang tertutup es dengan lautan air cair di bawah permukaan. Enceladus mengorbit Saturnus dan pertama kali menjadi perhatian para ilmuwan sebagai dunia yang berpotensi dihuni setelah penemuan kejutan geyser besar di dekat kutub selatan bulan.

Semburan air ini keluar dari retakan besar di permukaan dan, mengingat medan gravitasi Enceladus yang lemah, menyembur ke luar angkasa. Itu adalah bukti nyata dari penyimpanan bawah tanah air cair.

Air tidak hanya terdeteksi di geyser ini, tetapi juga serangkaian molekul organik dan, yang terpenting, butiran kecil partikel silikat berbatu yang hanya dapat hadir jika air laut di bawah permukaan bersentuhan secara fisik dengan dasar laut berbatu pada suhu setidaknya 90 C. Ini adalah bukti yang sangat kuat untuk keberadaan ventilasi hidrotermal di dasar laut, menyediakan bahan kimia yang dibutuhkan untuk kehidupan dan sumber energi lokal.

Titan

4 Tempat di Tata Surya yang Paling Mungkin Dihuni Alien

Titan adalah bulan terbesar Saturnus dan satu-satunya bulan di tata surya dengan atmosfer yang cukup besar. Ini berisi kabut oranye tebal dari molekul organik kompleks dan sistem cuaca metana menggantikan air, lengkap dengan hujan musiman, periode kering, dan bukit pasir permukaan yang diciptakan oleh angin.

Atmosfer sebagian besar terdiri dari nitrogen, unsur kimia penting yang digunakan dalam pembentukan protein di semua bentuk kehidupan yang diketahui. Pengamatan radar telah mendeteksi keberadaan sungai dan danau metana cair dan etana dan kemungkinan adanya kriovolkano - fitur mirip gunung berapi yang meletuskan air cair daripada lahar. Ini menunjukkan bahwa Titan, seperti Europa dan Enceladus, memiliki cadangan air cair di bawah permukaan.

Pada jarak yang sangat jauh dari Matahari, suhu permukaan Titan adalah -180 C yang sangat dingin terlalu dingin untuk air cair. Namun, bahan kimia melimpah yang tersedia di Titan telah menimbulkan spekulasi bahwa makhluk hidup berpotensi dengan kimiawi yang berbeda secara fundamental dengan organisme darat - bisa ada di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper