Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Video Hiu Paus Tutul 6 Meter yang Mati Terdampar di Pantai Congot

Seekor hiu paus tutul sepanjang 6 meter tewas terdampar di Pantai Congot Kabupaten Kulonprogo, Sabtu pagi (19/9/2020) dan menjadi tontonan warga setempat.
Jalu Rahman Dewantara/Sutarno
Jalu Rahman Dewantara/Sutarno - Bisnis.com 19 September 2020  |  13:45 WIB
Loading the player ...
Hiu paus tutul sepanjang 6 meter mati terdampar di Pantai Congot Kulonprogo. Video: Youtube Rifan Fishing Adventure

Bisnis.com, JAKARTA - Seekor hiu paus tutul sepanjang 6 meter tewas terdampar di Pantai Congot Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sabtu pagi (19/9/2020) dan menjadi tontonan warga setempat.

Laporan akun Youtube Rifan Fishing Adventure menyebutkan hiu paus tutul sepanjang 6 meter dengan panjang sirip lebih dari 1 meter itu terdampar sekitar subuh.

"Sudah di amankan dan ditangani oleh tim SAR, polisi, dan TNI. Warga yang melihat datang dari berbagai tempat, tetapi mereka harus mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini," tutur akun Youtube Rifan Fishing Adventure itu, Sabtu (19/9/2020).

Bangkai hiu paus tutul itu menurut dimakamkan di sekitar lokasi terdampar. Simak video kondisi hiu paus tutul itu dari unggahan akun Youtube Rifan Fishing Adventure di atas.

Sementara itu, Harianjogja.com melaporkan kornologi penemuan hiu paus tutul itu berdasarkan penuturan Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko.

Menurut dua,   hiu paus tutul itu pertama kali ditemukan oleh pengunjung pantai sekitar pukul 06.00 WIB. Kemudian dilaporkan ke pos jaga Angkatan Laut serta Tim SAR Glagah yang berlokasi tak jauh dari lokasi penemuan.

"Saat ditemukan sudah dalam kondisi mati," kata Aris melalui pesan singkat, Sabtu siang.

SRI Wilayah V Kulonprogo bersama warga telah mengevakuasi bangkai hiu itu menjauh dari perairan. Penemuan ini juga sudah dilaporkan kepada Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

Belum diketahui penyebab hiu dengan panjang sekitar empat meter dan lebar kepala lebih dari satu meter tersebut mati terdampar. "Untuk lebih jelasnya nanti menunggu hasil pemeriksaan tim BKSDA," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulon progo hiu paus
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top