Ini Video Hiu Paus Tutul 6 Meter yang Mati Terdampar di Pantai Congot

Jalu Rahman Dewantara/Sutarno
Sabtu, 19 September 2020 | 13:45 WIB
Hiu paus tutul sepanjang 6 meter  mati terdampar di Pantai Congot Kulonprogo. Video: Youtube Rifan Fishing Adventure
Hiu paus tutul sepanjang 6 meter mati terdampar di Pantai Congot Kulonprogo. Video: Youtube Rifan Fishing Adventure
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seekor hiu paus tutul sepanjang 6 meter tewas terdampar di Pantai Congot Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sabtu pagi (19/9/2020) dan menjadi tontonan warga setempat.

Laporan akun Youtube Rifan Fishing Adventure menyebutkan hiu paus tutul sepanjang 6 meter dengan panjang sirip lebih dari 1 meter itu terdampar sekitar subuh.

"Sudah di amankan dan ditangani oleh tim SAR, polisi, dan TNI. Warga yang melihat datang dari berbagai tempat, tetapi mereka harus mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19 ini," tutur akun Youtube Rifan Fishing Adventure itu, Sabtu (19/9/2020).

Bangkai hiu paus tutul itu menurut dimakamkan di sekitar lokasi terdampar. Simak video kondisi hiu paus tutul itu dari unggahan akun Youtube Rifan Fishing Adventure di atas.

Sementara itu, Harianjogja.com melaporkan kornologi penemuan hiu paus tutul itu berdasarkan penuturan Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko.

Menurut dua,   hiu paus tutul itu pertama kali ditemukan oleh pengunjung pantai sekitar pukul 06.00 WIB. Kemudian dilaporkan ke pos jaga Angkatan Laut serta Tim SAR Glagah yang berlokasi tak jauh dari lokasi penemuan.

"Saat ditemukan sudah dalam kondisi mati," kata Aris melalui pesan singkat, Sabtu siang.

SRI Wilayah V Kulonprogo bersama warga telah mengevakuasi bangkai hiu itu menjauh dari perairan. Penemuan ini juga sudah dilaporkan kepada Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

Belum diketahui penyebab hiu dengan panjang sekitar empat meter dan lebar kepala lebih dari satu meter tersebut mati terdampar. "Untuk lebih jelasnya nanti menunggu hasil pemeriksaan tim BKSDA," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper