Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ditanya Soal Progres Investasi Gojek, Ini Jawaban Telkom (TLKM)

PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom memberikan klarifikasi soal rencana investasi perusahaan ke Gojek.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 September 2020  |  17:33 WIB
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. angkat bicara mengenai kabar finalisasi investasi di PT Karya Anak Bangsa atau Gojek.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan sebagai perusahaan yang sedang melakukan transformasi bisnis, Telkom terus menjajaki segala peluang bisnis yang sejalan dengan arah transformasi menuju perusahaan telekomunikasi digital.

Adapun, untuk aksi korporasi seperti investasi di Gojek dan Merger and Acquisition, kata Arif, Telkom tidak dapat memberitahu ke publik sebab terikat dengan perjajanjian kerahasiaan antara kedua belah pihak atau non disclosure agreement (NDA),

“Sepanjang belum ada kesepakatan dari pihak-pihak yang terlibat, Telkom tidak dapat memberikan informasi apapun ke publik,” kata Arif kepada Bisnis.com, Kamis (17/9).

Dia menambahkan bahwa sebagai upaya pengembangan kompetensi perusahaan khususnya pada lini digital platform dan layanan digital, Telkom tidak hanya melakukan pengembangan sumber daya yang sudah ada (build), namun juga melalui skema kemitraan (borrow) ataupun memanfaatkan sumber daya eksternal (buy) yang dapat dilakukan baik dengan berbagai start-up, unicorn maupun decacorn sekalipun.

Sebelumnya, Telkom dikabarkan berencana mengucurkan dana investasi untuk Gojek. Salah satu opsinya adalah melalui PT Telekomunikasi Selular atau Telkomsel.

Dilansir dari Dealstreet, Telkomsel berusaha menyelesaikan rencana Telkom untuk mengakuisisi saham Gojek pada 2018. Saat itu, Telkom dikabarkan akan masuk ke Gojek untuk memperluas bisnis digital mereka.

Dealstreet menyebutkan bahwa Telkom kabarnya saat itu telah berencana investasi senilai US$400 juta ke Gojek. Adapun, nilai yang ditawarkan pada investasi kali ini, menurut sumber Dealstreet, tidak akan berbeda jauh.

“Gojek akan mendapatkan keuntungan dari banyaknya pelanggan Telkomsel dan Telkomsel dapat memanfaatkan ekosistem gojek jika kesepakatan itu terwujud,” kata sumber tersebut.

Sementara itu, CEO MDI Ventures, Donald Wihardja mengatakan MDI Ventures bersama Telkom sempat membahas mengenai rencana investasi ke Gojek beberapa bulan lalu. MDI Ventures tidak dapat menyalurkan investasi ke Gojek sebab, batas tingkat atau seri pendanaan Gojek sudah sangat tinggi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi telkom Gojek
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top