Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kaspersky: Masyarakat Suka Berbagi Akses Streaming Pribadi

Fitur sharing dalam layanan streaming membuat pengguna bisa mengurangi biaya berlangganan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 10 September 2020  |  21:13 WIB
Ilustrasi Kaspersky. - istimewa
Ilustrasi Kaspersky. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan keamanan siber global, Kaspersky menemukan 46 persen responden merasa nyaman berbagi layanan streaming dengan rekan serumah mereka.

Vice President, Marketing at Kaspersky Andrew Winton mengatakan bahwa ini dilakukan agar teman atau rekan serumah juga memberikan informasi pribadi mereka di layanan streaming lainnya.

Menurutnya, lewat fitur sharing tersebut pengguna bisa mengurangi biaya berlangganan layanan streaming. Dia juga mengatakan bahwa konsumen juga bisa membagi rata biaya berlangganan dan menggunakan satu akun langganan itu untuk berbagai profil.

“Sayangnya, jika tidak memperhatikan bagaimana kita membagikan detail pribadi kepada orang lain, bahkan dengan teman serumah sendiri, makin besar kemungkinan mereka untuk menjadi target yang mudah ditemukan oleh orang atau kelompok tidak dikenal,” katanya lewat rilis resminya, Kamis (10/9/2020).

Dia mengatakan bahwa selain berbagi akses ke platform streaming 33 persen responden berbagi layanan ritel daring, seperti eBay atau Amazon Prime, dengan rekan serumah. Selain itu, 30 persen lainnya mengaku berbagi akun pengiriman makanan mereka, seperti Deliveroo, dan langganan gim daring, seperti Xbox Live.

Namun, pada saat yang sama, tidak semua responden yakin seberapa aman rekan mereka saat menggunakan internet.

Andrew mengatakan bahwa 24 persen responden khawatir bahwa kebiasaan digital rekan serumah akan mempengaruhi kecepatan internet dan kinerja gim daring mereka.

Kaspersky menyarankan  hal berikut kepada orang-orang yang tinggal di rumah atau apartemen bersama, untuk membantu menjaga perangkat tetap aman dari serangan peretas meski berbagi informasi akun pribadi.

  1. Jangan mengklik tautan yang dibagikan melalui email yang tidak diminta atau mencurigakan. Pertama, periksa apakah pengirimnya asli dengan cara mengunjungi situs web resmi.
  2. Jangan memberikan informasi pribadi atau mengizinkan akses ke akun anda dengan pihak ketiga kecuali jika benar-benar diperlukan. Ini akan meminimalkan kemungkinan menjadi target yang mudah ditemukan di internet.
  3. Gunakan solusi keamanan yang kuat seperti password manager untuk menghasilkan dan mengamankan kata sandi unik pada setiap akun, dan menghindari penggunaan kata sandi yang sama berulang kali.
  1. Instal solusi keamanan siber seperti anti virus. Akun yang dimiliki solusi ini akan melindungi detail akun dan menginformasikan jika ada data pribadi Anda yang disusupi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaspersky streaming perlindungan data pribadi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top