Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dukung Digitalisasi UMKM, Pemerintah Kebut Proyek Infrastruktur Telekomunikasi

Berdasarkan roadmap Kemkominfo pada 2022 seluruh wilayah Indonesia ditargetkan sudah terbangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 03 September 2020  |  12:43 WIB
Dukung Digitalisasi UMKM, Pemerintah Kebut Proyek Infrastruktur Telekomunikasi
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis - Triawanda Tirta Aditya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan terus meningkatkan infrastruktur telekomunikasi nasional guna mendukung digitalisasi UMKM nasional.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa untuk mendukung peralihan UMKM Ultra Mikro konvensional ke digital, saat ini pemerintah melalui Kemkominfo telah memberikan stimulus berupa pelatihan digital.

Kemudian, pemerintah juga melakukan sosialisasi literasi dan komunikasi publik untuk kepentingan mendorong peningkatan kapasitas dan peningkatan peran UMKM Ultra Mikro di dalam ekonomi nasional.

"Dalam rangka meningkatkan dan memanfaatkan teknologi digital kegiatan ekonomi masyarakat dan UMKM pemerintah terus membangun dan mendorong optimalisasi pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi nasional yang lebih berkualitas dan merata," kata Johnny dalam Seminar Online: UMKM Kreatif Menghadapi Peluang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, Kamis (3/9/2020).

Lebih lanjut, dia menyatakan saat ini baru 70.760 desa dan kelurahan di Indonesia dari total sekitar 83.000 yang sudah tersedia fasilitas jaringan sinyal 4G.

Berdasarkan roadmap Kemkominfo pada 2022 seluruh wilayah Indonesia ditargetkan sudah terbangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

"Kita akan membangun 1.209 BTS [base transceiver station] pada 2020, 4.200 pada 2021, dan 3.704 pada 2022. Pada saat itu seluruh desa dan kelurahan mudah-mudahan sudah tersedia sinyal 4G," ujarnya.

Selain itu, Kemkominfo juga telah menyediakan 7.634 titik akses internet gratis di kawasan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) guna membantu masyarakat khususnya UMKM Ultra Mikro di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur umkm telekomunikasi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top