Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Miliaran Pendengar Podcast Berpotensi jadi Pasar Daring

Kelas belajar siniar (podcast) memberi peluang untuk lahirnya kreator konten dan wirausaha digital.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 30 Agustus 2020  |  09:30 WIB
Loading the player ...
Pendengar Podcast Meningkat, Industri Podcast Makin Dilirik - Bisnis Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan pendengar podcast di Indonesia bisa menjadi pasar bagi konten daring. Diprediksi akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan mendukung kelas belajar siniar atau podcast sebagai peluang untuk menciptakan kelahiran kreator konten dan wirausaha digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyebutkan pelatihan yang dipandu Kreator Nongkrong sebagai mitra jejaring GNLD (Gerakan Nasional Literasi Digital) Siberkreasi memiliki target 5.000 peserta.

“Saya optimistis, dengan adanya kelas podcast ini akan mendorong masyarakat menghasilkan lebih banyak konten yang positif dan mendidik masyarakat,” ungkapnya, dikutip Minggu (30/8/2020).

Berdasarkan pantauan Bisnis per 30 Agustus 2020, jumlah peserta yang telah terdaftar dalam Kelas Podcast Siberkreasi Batch 1 di aplikasi layanan pengirim pesan instan, Telegram, telah mencapai 3.388 peserta.

Menurut Semuel, pelatihan ini juga menarik karena bisa menjadi alternatif untuk menambah penghasilan dan mengembangkan wirausaha daring.

“Akan lebih baik lagi jika dapat menjadi sumber penghasilan di masa krisis pandemi. Sebenarnya ini adalah momentum yang tepat untuk memulai podcast dan berwirausaha daring,” ungkapnya.

Mengutip laporan laman podcastinsight.com, Dirjen Aptika menyatakan terdapat lebih dari 30 juta episode di seluruh dunia per April 2020.

Lebih dari 40 persen penduduk Amerika mendengar podcast baik di rumah maupun di perjalanan atau ketika berada di kendaraan. Hal itu merupakan peluang tersendiri untuk mendapatkan alternatif penghasilan.

“Di Indonesia, berdasarkan laporan data Spotify, kita merupakan pendengar Podcast terbanyak di Asia Tenggara. Diprediksikan akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Podcast Bisnis.com
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top