Pebisnis Gim, Begini Strategi Melsoft Menangkan Pasar

Akbar Evandio
Minggu, 16 Agustus 2020 | 19:09 WIB
Beragam permainan dari Malsof./Dok. Tangkap Layar Melsoft.
Beragam permainan dari Malsof./Dok. Tangkap Layar Melsoft.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform pemasaran aplikasi global, Adjust, melaporkan teknologi otomatisasi pemasaran mampu meningkatkan efisiensi pengelolaan kampanye iklan gim hingga 40 persen.

Leonid Eletskikh, Director Sales Russia & Eastern Europe Adjust menjelaskan laporan ini bersumber dari studi kasus bersama dengan Melsoft Games. Penelitian berfokus pada dampak otomatisasi pemasaran untuk pengelolaan kampanye.

 “Perusahaan makin memprioritaskan teknologi pemasaran untuk memenuhi permintaan akan personalisasi yang semakin meningkat, serta kebutuhan untuk secara cepat mengumpulkan dan menganalisis data pengguna guna meningkatkan pengalaman pengguna dan mengoptimalkan belanja,” ungkapnya lewat rilisnya, Minggu, (16/8)

Menurut Estimasi Teknologi Otomatisasi Pemasaran Forrester, investasi otomatisasi pemasaran global diperkirakan akan mencapai US$25,1 miliar pada 2023. Meningkat dari US$11,4 miliar pada 2017. Ini menandakan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 14%.

 “Biaya per instalasi yang tinggi cukup lazim dalam industri gim, artinya para pemasar perlu mengoptimalkan belanja mereka secara lebih sering, dan lebih detail. Perusahaan yang menggunakan sumber daya dengan cara paling efisien dan memanfaatkan teknologi yang tersedia akan memperoleh hasil yang paling luar biasa dan diperkirakan akan paling sukses,” katanya

Leonid  menekankan seperti banyak pembuat game lainnya, Melsoft berfokus untuk mendapatkan laba atas belanja iklan (ROAS), sambil meningkatkan alokasi dana untuk akuisisi pengguna dan kampanye setiap bulannya.

Dia mengatakan bahwa pada 2019, jumlah instalasi berbayar meningkat sebesar 25 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, tren ini menunjukkan bahwa pembuat aplikasi perlu mengalokasikan dana bagi akuisisi pengguna agar dapat meningkatkan pertumbuhan. Akan tetapi, anggaran yang meningkat, channel yang bertambah dan biaya yang meningkat akan disertai dengan pekerjaan operasional yang semakin banyak.

Dia mengungkapkan bahwa Tim Performance Marketing di Melsoft Games menjalankan lebih dari 10 network, setiap network senantiasa menjalankan banyak kampanye.

Alexander Shilyaev, COO/CMO Melsoft Games pun mengungkapkan bahwa pihaknya terus mencari solusi agar dapat membandingkan kinerja di berbagai channel tanpa harus menggunakan 10 dashboard secara bergantian.

Dia mengatakan Melsoft juga memperkenalkan alur kerja otomatis agar bagian-bagian tertentu dari proses optimasi dapat berjalan secara otomatis. Dengan mengalokasikan lebih dari 20 persen belanja iklan untuk alur kerja, tim dapat menggunakan Adjust Automate untuk menghentikan sementara, meningkatkan skala dan membuat kampanye baru.

“Otomatisasi alur kerja sangat penting bagi kami agar dapat meningkatkan skala kampanye. Sejak melakukan integrasi dengan Automate Rule Engine, kami telah berhasil menguji jauh lebih banyak materi iklan dibandingkan sebelumnya, tanpa harus mengalokasikan lebih banyak waktu atau dana” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper