Pekan Depan, Saksikan Puncak Hujan Meteor dan Konjungsi Bulan Mars

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 7 Agustus 2020 | 08:22 WIB
Ilustrasi - mashable.com
Ilustrasi - mashable.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan depanz atau sepanjang 9 Agustus hingga 15 Agustus 2020, akan ada 4 fenomena Astronomi yang terjadi.

Menurut Lapan RI, fenomena itu diantaranya konjungsi Bulan dan Mars, puncak hujan meteor perseid, venus mencapai elongasi barat, dan fase perbani akhir bulan.

Dikutip dari instagram Lapan RI, berikut perincian fenomena astronomi itu :

Bulan akan berada di titik terjauh dari bumi (Apogee) pada pukul 20.46 WIB dengan jarak 407.076 km, iluminasi 69,8 persen (fase benjol akhir) dan besar sudut 29,5 menit busur.

Bulan terletak di konstelasi pisces ketika apogee. Akan tetapi bulan baru bisa terlihat ketika terbit pada pukul 22.30 WIB dari arah timur dan terbenam keesokan harinya pada pukul 10.00 WIB di arah barat.

Konjungsi Bulan - Mars bisa disaksikan pada pukul 22.50 WIB di arah timur dan berakhir saat senja bahari/nautika berakhir (24 menit sebelum matahari terbit) di arah barat laut. Ketika konjungsi ini, bulan akan akan terpisah sejauh 4,3 derajat dari mars.

11-12 Agustus: Fase Perbani Akhir Bulan

Puncak fase perbani akhir akan terjadi pada 11 Agustus 2020 pada pukul 22.44 WIB. Bulan berjarak 401.942 km dari bumi dan akan tampak dengan lebar 29,7 menit busur.

Ketika fase perbani akhir, bulan akan terbit di sekitar tengah malam di arah timur laut dan berkulminasi di arah utara ketika matahari terbit. Bulan terbenam di arah Barat laut sekitar tengah hari. Bulan berada di manzilah botein di konstelasi aries.

12-13 Agustus: Puncak Hujan Meteor Perseid

Hujan meteor perseid aktif sejak 27 Juli hingga 24 Agustus, dengan puncak pada 12-13 Agustus 2020. Hujan meteor ini dinamai berdasarkan titik-titik radian yak i titik pusat datangnya meteor yakni yang terletak di titik konstelasi perseus.

Hujan meteor ini berasal dari sisa debu komet 109p swift tuttle dan bisa disaksikan mulai tengah malam hingga fajar bahari muncul atau 24 menit sebelum matahari terbit ketika titik radian berkulminasi di arahnutara dengan ketinggian 25,3 derajat. Intensitas maksimum hujan meteor ini sebanyak 67-70 meteor setiap jam dengan kecepatan 212.407 km perjam.

13 Agustus: Venus mencapai Elongasi Barat Maksimum & Venus memasuki Fase Dikotomi

Venus mencapai elongasi pada pukul 07.21 WIB dan akan berada di konstelasi gemini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper