Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Uni Emirat Arab Luncurkan Misi Pertama ke Mars Senilai US$200 Juta

Uni Emirat Arab meluncurkan misi ruang angkasa pertamanya ke Mars pagi ini sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan teknologinya selain untuk mengurangi ketergantungan pada minyak.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  07:33 WIB
Loading the player ...
Peluncuran wahana Hope Probe. Video: Youtube SciNews

Bisnis.com, JAKARTA - Uni Emirat Arab meluncurkan misi ruang angkasa pertamanya ke Mars pagi ini sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan teknologinya selain untuk mengurangi ketergantungan pada minyak.

Misi bernama Hope Probe itu diluncurkan dari Tanegashima Space Center Jepang pukul 06:58 pagi waktu Jepang atau sekitar pukul 09:00 waktu Indonesia bagian barat untuk misi selama tujuh bulan ke planet merah. Misi itu akan mengorbit dan mengirim kembali data tentang atmosfer.

Misi pertama negara tersebut ke Mars pada awalnya dijadwalkan diluncurkan pada 14 Juli, tetapi ditunda dua kali karena cuaca buruk.

Saat ini ada delapan misi aktif tengah menjelajahi Mars. Beberapa di antaranya tengah mengorbit di planet itu dan beberapa lainnya telah mendarat di permukaannya. China dan Amerika Serikat masing-masing berencana mengirim misi baru tahun ini.

Misi tersebut menelan biaya US$200 juta, menurut Menteri Ilmu Pengetahuan Uni Emirat Arab (UEA), Sarah Amiri seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Senin (20/7/2020).

Tujuannya disebutkan untuk memberikan gambaran lengkap tentang atmosfer Mars untuk pertama kalinya selain mempelajari perubahan harian dan musiman.

UEA pertama kali mengumumkan rencana misi pada 2014 dan meluncurkan Program Luar Angkasa Nasional pada 2017 untuk mengembangkan keahlian lokal. Penduduknya yang berjumlah 9,4 juta terdiri dari sebagaian besar pekerja asing, namun tidak memiliki basis teknologi ruang angkasa.

Negara itu memiliki rencana ambisius untuk penyelesaian Mars pada tahun 2017. Hazza al-Mansouri menjadi orang UEA pertama berada di luar angkasa pada September tahun lalu ketika dia terbang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Untuk mengembangkan dan membangun Hope Probe, UEA dan Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid Dubai (MBRSC) bekerja dengan lembaga pendidikan AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

uea planet mars mars
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top