Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah Unduhan di App Store AS Salip Posisi China

Data Sensor Tower menunjukkan jumlah unduhan di App Store AS mencapai 2,22 juta sedangkan China sebanyak 2,06 juta pada kuartal II/2020.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  10:29 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah download di App Store Amerika Serikat mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kuartal II/2020, melampui China untuk pertama kalinya sejak 2014.

Berdasarkan data Sensor Tower dalam laporan kuartal II/2020, Jumat (17/7/2020), jumlah pengunduhan di App Store Amerika Serikat (AS) tumbuh 27,4 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Pada saat yang sama, kenaikan unduhan di App Store China hanya mecapai 2,1 persen (year on year).

Sepanjang kuartal II/2020, jumlah unduhan di App Store AS mencapai 2,22 juta sedangkan China sebanyak 2,06 juta.

Jumlah unduhan di App Store China sempat merosot turun dari posisinya yang tinggi pada Maret-April 2020 akibat Covid-19. Tetapi, ketika pandemi mulai reda di China dan angka pengunduhan berjalan stabil, pandemi Covid-19 menyerang AS.

Akibatnya, angka pengunduhan di AS melonjak signifikan menyusul pemberlakuan pembatasan sosial dan lockdown di Negeri Paman Sam tersebut.

Jika dilihat secara global, jumlah unduhan baik di App Store maupun di Google Play Downloads melesat 31,7 persen menjadi 37,8 juta unduhan pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Adapun, India menjadi negara paling banyak melakukan aktivitas pengunduhan di App Store dan Google Play Downloads yang mencapai 6,9 juta pada periode yang sama. Posisi kedua ditempati oleh AS, diikuti dengan Brazil, Indonesia, dan Rusia.

Sebagai catatan, China tidak masuk dalam kategori ini karena Google Play Downloads tidak bisa diakses di Negeri Tirai Bambu ini.

Aplikasi paling populer baik di App Store dan Google Play Downloads adalah Zoom, diikuti dengan TikTok, Facebook, Whatsapp, dan Instagram. Zoom menjadi aplikasi ketiga, setelah Pokemon GO (III/2016) dan Tiktok (I/2020 dan II/2020) yang mampu mengantongi jumlah unduhan lebih dari 300 juta pada 3 bulan pertama.

Sumber : Sensor Tower

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi ios app store
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top