Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

iOS 13.6 dan iOS 14 Beta Hadirkan Fitur yang Dukung Kesetaraan Ras

Emoji Black Fist atau secara teknis dikenal sebagai emoji Raised Fist, semakin menjadi simbol solidaritas dengan orang-orang yang memprotes ketidaksetaraan rasial dan kebrutalan polisi sejak kematian George Floyd
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  09:03 WIB
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg -  Toru Hanai
Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Keyboard iOS akan menampilkan secara otomatis tiga pilihan emoji Black fist ketika Anda mengetik frasa “Black Lives Matter” atau akronim “BLM” pada pembaruan terbaru iOS 13.6 dan iOS 14 beta.

Melansir The Verge pada Jumat (17/7/2020), fitur tersebut terungkap pertama kalinya pekan lalu dalam versi beta dari iOS 13.6 oleh salah satu pengguna di Reddit.

Emoji Black Fist atau secara teknis dikenal sebagai emoji Raised Fist, semakin menjadi simbol solidaritas dengan orang-orang yang memprotes ketidaksetaraan rasial dan kebrutalan polisi sejak kematian George Floyd.

Sebagai contoh, penggunaan emoji dengan pilihan enam warna kulit sedang-gelap dan gelap Raised Fist naik secara dramatis di Twitter pada akhir Mei dan Juni 2020.

Menurut analisis Emojipedia, Raised Fist dan emoji dengan enam pilihan warna kulit telah digunakan dalam 278.244 cuitan yang dikirim pada 4-5 Juni yang termasuk "Black Lives Matter" dan "BLM" sebagai tagar atau sebagai teks.

Apple nampaknya ikut mengamati tren tersebut dan kalimat "Black Lives Matter" dan "BLM" dan mengakomodasi pengguna perangkatnya untuk menggunakan emoji Raised Fist atau enam pilihan warna kulit dengan mudah.

Secara otomatis, sistem operasi akan merekomendasikan emoji tersebut apabila pengguna mengetik kalimat "Black Lives Matter" dan "BLM". Tanpa perlu menavigasi secara terpisah ke menu emoji dan mencarinya.

Apple juga telah membuat langkah-langkah di luar perangkat lunak untuk mempromosikan kesetaraan rasial, termasuk mengumumkan $ 100 juta Kesetaraan Rasial dan Inisiatif Keadilan pada 11 Juni. Dan pada hari Kamis, Apple mengumumkan telah memperluas kemitraannya dengan Historically Black Colleges dan Universitas untuk menghadirkan peluang pendidikan bagi komunitas sekolah terdekat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple ios
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top