Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Poco F2 Pro vs Poco F1: Spesifikasi dan Harga Meningkat Dua Kali Lipat

Poco F2 Pro memiliki harga hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tipe sebelumnya Poco F1.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  09:38 WIB
Poco F2 Pro. -  istimewa
Poco F2 Pro. - istimewa

Bisnis.com, BANDUNG -  Xiaomi lewat sub-jenamanya Poco kembali memperkenalkan kepada masyarakat Tanah Air gawai flagship terbarunya, Poco F2 Pro. Model terakhir dari Poco diperkenalkan pada 2018 lalu.

Poco F2 Pro memiliki harga hampir dua kali lipat dibandingkan dengan tipe sebelumnya Poco F1. Xiaomi memasang harga untuk Poco F2 Pro senilai Rp7 jutaan, sedangkan Poco F1 saat itu dibanderol dengan harga sekitar Rp4 jutaan.  

Memiliki harga yang jauh lebih mahal, Xiaomi tidak ingin mengecewakan pengguna Poco F2 Pro. Xiomi menyamatkan sejumlah perangkat canggih di gawai kelas menengah ke atas ini. Berikut keunggulan Poco F2 Pro dibandingkan dengan Poco F1.

Performa

Dalam memberikan pengalaman yang lebih nyaman kepada penggunanya, Poco F2 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 865 yang memberikan tampila grafis yang lebih nyata, namun tidak memakan daya besar. Tidak hanya itu untuk mendukung performa anti loading saat bermain gim serta membantu pengguna untuk melakukan berbagai kegiatan, Xiaomi menempelkan Kyro 595 CPU dan Adreno 650 GPU. Keduanya tidak ada pada tipe Poco F1.

Saat diluncurkan pada 2018, Poco F1 hanya mendapat dukungan prosesor Qualcomm 845, Adreno 630 GPU dan teknologi liquid cool, sehingga dapat dipastikan secara performa Poco F2 Pro lebih unggul.

Kamera

Untuk mendukung pengguna dalam mengabadikan momen-momen penting, Poco F2 Pro dilengkapi dengan empat kamera yaitu kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX686, kamera telemakro 5MP, kamera sudut ultra 13 MP, dan kamera deteksi kedalaman 2MP serta kamera depan pop-up selfie sebesar 20MP.  

  

Sedangkan Poco F1 hanya memiliki dua kamera belakang berukuran 12MP dan 5 MP serta kamera depan 20MP. Dari segi kualitas gambar yang dihasilkan jelas jauh berbeda. Poco F2 Pro dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih detil, tajam dan bokeh serta performa apik untuk foto di malam hari. 

Layar

Poco F2 Pro memiliki layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 2400x1080 FHD+, serta keakuratan warna HDR 10+. Menjadikan gawai ini sangat nyaman untuk menonton video dan bermain gim.  Adapun Poco F1 memiliki layar 6,18 inci dengan resolusi 2246x1080 full HD.

RAM dan Penyimpanan:

Dari sisi RAM dan ruang penyimpanan, Poco F2 Pro memiliki dua varian RAM dan memori internal yaitu 6GB/128GB dengan LPDDR4x+UFS3.1 dan 8GB/256GB dengan LLPDD5+UFS3.1.

LPDDR merupakan singkatan dari Low Power DDR. Ini merupakan tipe RAM yang hemat daya dan khusus untuk gawai. LPDDR terus mengalami peningkatan. Adapun LPDDR4x merupakan salah satu generasi atas dari LPDDR, yang membuat gawai lebih kencang karena bandwith dan transfer data yang lebih baik.

Sementara itu, UFS 3.1 merupakan pengembangan dari teknologi penyimpanan baru. UFS 3.1 tercatat memiliki kecepatan tulis, mode deepsleep dan pemberitahuan pembatasan kinerja perangkat yang lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

UFS 3.1 merupakan pembeda yang paling signfikan antara Poco F2 Pro dengan Poco F1, sebab Poco F1 memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang serupa dengan Poco F2 Pro.

Baterai

Untuk daya tahan penggunaan, Poco F2 Pro memiliki kualitas yang lebih tahan lama sebab kapasitas baterai yang besar mencapai 4.700 mAh dengan pengisian daya cepat 30W. Dengan kualitas tersebut, Xiaomi mengklaim Poco F2 Pro dapat digunakan untuk bermain gim selama 13 jam dan mereka video selama 6 jam.

Sementara itu, Poco F1 memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh dengan pengisian daya cepat 3.0. Poco F1 mampu melakukan panggilan telepon selama 30 jam dan memutar audio selama 146 jam dengan kapasitas baterai yang dimiliki.    

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget xiaomi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top