Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lag Saat Bermain Game Online, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Karena tak dapat dipungkiri jika ada sesuatu di luar kendali Anda yang bisa membuyarkan kemampuan yang Anda miliki. Tentunya hal tersebut sangat membuat frustasi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  08:18 WIB
Ilustrasi orang main game
Ilustrasi orang main game

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika Anda kalah atau tertinggal ketika bermain gim daring tidak sepenuhnya berarti Anda tidak memiliki kemampuan dibandingkan pemain lainnya.

Karena tak dapat dipungkiri jika ada sesuatu di luar kendali Anda yang bisa membuyarkan kemampuan yang Anda miliki. Tentunya hal tersebut sangat membuat frustasi.

Kita semua pernah mengalaminya, setidaknya satu kali, baik karena koneksi internet atau masalah dengan perangkat yang lambat (lag). Hari ini, kita akan membahas banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kelambatan ini, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk itu.

Melansir Android Central dalam hal lag, kinerja jaringan memiliki tiga komponen inti.

Latency, yang dikenal juga sebagai ping, adalah ukuran keterlambatan antara input di satu sisi dan penerimaan input di sisi lain. Dengan latensi rendah, jendela antara input dan output hampir tidak bisa dibedakan, dan antarmuka gim merespons dengan mulus terhadap klik dan penekanan tombol Anda.

Stabilitas adalah ukuran seberapa lengkap dan konsisten suatu jaringan dapat mengirimkan data. Jaringan dengan stabilitas rendah memiliki packet loss tinggi, yang berarti jaringan Anda mengirim dan menerima informasi yang tidak lengkap. Ini dapat bermanifestasi sebagai input yang tidak terjawab atau ping yang lebih tinggi, karena paket yang hilang harus dikirim ulang.

Bandwidth adalah ukuran seberapa banyak data yang dapat ditransmisikan oleh suatu jaringan pada waktu tertentu. Secara umum, semakin tinggi bandwidth Anda, semakin baik. Berbagai faktor dapat memengaruhi bandwidth, seperti paket internet Anda, aplikasi dan proses lain di jaringan Anda, dan bahkan router / modem Anda. Bandwidth rendah dapat menyebabkan latensi tinggi dan hilangnya paket tinggi.

Untuk meminimalkan hilangnya ping dan paket data, Anda harus menggunakan router dengan teknologi Quality of Service (QoS). QoS secara aktif mengelola perangkat yang terhubung ke jaringan, memprioritaskan mereka untuk memastikan bahwa masing-masing memiliki bandwidth yang diperlukan.

Ingat, apabila Anda mengalami lagi, masalahnya tidak selalu berada di sisi Anda.

Pertama, buka situs web pengembang dan lihat apakah mereka telah membuat pengumuman terbaru tentang masalah konektivitas. Beberapa pengembang juga memiliki forum komunitas tempat orang mendiskusikan permainan dan umpan sosial tempat mereka memposting layanan dan mendukung pembaruan. Anda juga dapat mempertimbangkan memeriksa Reddit, karena sebagian besar gim, terutama gim yang lebih populer, telah mendedikasikan subreddits.

Jika masalahnya bukan pada pengembang, kemungkinan ada masalah dengan Penyedia Layanan Internet Anda. Kunjungi situs web mereka dan lihat apakah ada pengumuman tentang pemeliharaan terjadwal atau gangguan layanan. Jika gagal, hubungi mereka, karena Anda mungkin perlu mengirim teknisi untuk pemecahan masalah lebih lanjut.

Periksa jaringan Anda

Koneksi jaringan yang buruk adalah sumber lag yang paling jelas (dan paling umum), tetapi karena itu tidak selalu jelas. Masalah jaringan dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk perangkat keras jaringan yang buruk, bandwidth rendah, atau firmware router yang ketinggalan zaman. Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memastikan tidak ada aplikasi intensif bandwidth yang berjalan di jaringan Anda, seperti torrent atau layanan streaming.

Aktifkan QoS

Sebagian besar router modern memiliki fitur yang dikenal sebagai Quality of Service (QoS), yang mengelola data jaringan dan bandwidth untuk meningkatkan stabilitas. Untuk mengetahui cara mengaktifkan QoS pada router silakan baca buku petunjuk pada produk Anda. Karena masing-masing router memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game PUBG
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top